KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDM Aparatur Buka 3 Pelatihan Sekaligus

  • Senin, 21 Agustus 2023
top news image

Pada tanggal 21 Agustus 2023 PPSDM Aparatur menyelenggarakan pembukaan untuk beberapa pelatihan yaitu, English for Presentation Skill Angkatan 5, Pelatihan Public Speaking Angkatan 7, dan Pengenalan Perizinan Sektor ESDM Angkatan 6. Pelatihan-pelatihan ini diikuti oleh pegawai dari beberapa eselon I lingkungan Kementerian ESDM. Para peserta memiliki latar belakang yang beragam diantaranya analis SDM aparatur, analis keuangan, pengelola perbendaharaan, perencana, inspektur tambang, inspektur migas, dan beberapa jabatan lainnya.

Sebagaimana telah disebutkan pada Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara, bahwa setiap ASN berhak mendapatkan pengembangan kompetensi minimum 20 Jam Pelajaran per tahun. Sesuai dengan kebijakan tersebut, BPSDM melalui PPSDMA berupaya untuk terus mengembangkan dan meningkatkan kompetensi ASN dilingkungan KESDM guna menunjang kinerja individu dalam pencapaian tujuan organisasi salah satunya melalui program pelatihan. Dengan mengikuti pelatihan-pelatihan tersebut diharapkan para peserta dapat meningkatkan kompetensi softskillnya dan memanfaatkan ilmu yang didapatkan dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Melalui pelatihan English for Presentation Skill peserta diharapkan dapat mendapatkan tips dan trik yang berguna dalam melakukan presentasi menggunakan bahasa inggris, serta meningkatkan kemampuan berbahasa inggris pada umumnya. Pelatihan ini terutama berguna bagi peserta yang pekerjaannya erat berhubungan dengan penjelasan terhadap para stakeholder, serta bagi para pejabat fungsional tertentu dalam menjelaskan penelitiannya kepada pihak lain.

Pelatihan Public Speaking Angkatan 7 dilaksanakan untuk membantu para peserta dalam berbicara di depan khalayak ramai dalam berbagai kesempatan. Tujuan dari pelatihan ini adalah melatih Pegawai Negeri Sipil dilingkungan Kementerian ESDM agar dapat menerapkan kemampuan untuk berbicara di depan umum yang memberikan pengaruh dan menghidupkan suasana sehingga dapat menunjang dalam melaksanakan pekerjaan atau tugas fungsinya yang didasari oleh pengetahuan dan sikap kerja yang sesuai dengan kriteria unjuk kerja.

Tujuan pelatihan Pengenalan Perizinan Sektor ESDM adalah untuk meningkatkan pengetahuhan peserta terkait perizinan di sektor energi dan sumber daya mineral. Tenaga pengajar yang menyampaikan materi pelajaran pada pelatihan ini adalah narasumber dari Biro Hukum-Sekretariat Jenderal Kementerian ESDM, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan, Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi, Direktur Jenderal KEBTKE, Direktorat Jenderal Mineral dan Batubara, serta Badan Geologi.