KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Pelatihan System Thinking untuk Para Aparatur KESDM

  • Senin, 07 Juni 2021
top news image

Kemampuan berfikir secara sistemik (system thinking) untuk memecahkan segala permasalahan yang kompleks harus dikuasai oleh para aparatur. Oleh karena itu PPSDM Aparatur yang bertugas dalam pengembangan kompetensi di bidang kepemimpinan, manajemen dan administrasi mengadakan Pelatihan Basic System Thinking secara daring (online). Pelatihan secara daring ini diikuti 29 orang peserta aparatur KESDM dari tanggal 07 - 11 – Juni 2021, yang difasilitasi para pengajar dari PPSDMA dan penyedia jasa pelatihan swasta. Pelatihan ini bertujuan agar para peserta mampu mengidentifikasi permasalahan melalui pendekatan system thinking serta mampu mendesain kebijakan secara tepat, efektif dan efisien.

M. Adis yang mewakili Kepala PPSDMA menyatakan system thinking merupakan salah satu kompetensi penting yang harus dimiliki oleh para pemimpin untuk memecahkan segala permasalahan yang kompleks.

Adis juga berujar system thinking dapat membuat pemimpin menjadi lebih efektif untuk memberdayakan tim dalam menyelesaikan pekerjaan secara kompeten dan produktif, serta membuat semua orang fokus pada tujuan yang sama.

Materi dalam pelatihan ini mencakup : Konsep Sistem dan Bukan Sistem, Struktur dan Behaviour Over Time dan Modelling CLD.

Perlu diketahui, selama masa pandemi Covid-19 yang belum kunjung usai, PPSDM Aparatur telah menyelenggarakan berbagai pelatihan dan bimtek untuk para aparatur KESDM secara daring/virtual.   Pelatihan/bimtek yang diadakan menggunakan dua media : Aplikasi Smile PPSDM Aparatur untuk mengakses materi/modul pembelajaran dan aplikasi zoom meeting untuk pembelajaran tatap muka.