KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDM Aparatur Adakan Sharing Session dengan Pusdiklat BPK RI Untuk Menuju WBBM

  • Kamis, 25 April 2019
top news image

(25/04/19) Sebagai wujud keseriusan dan komitmen PPSDM Aparatur untuk segera membangun zona integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), PPSDM Aparatur mengundang Pusdiklat BPK RI di Aula Wisma PPSDMA hari ini Kamis (25/04). Kegiatan sharing session yang dibuka oleh Kepala Pusat PPSDMA diadakan untuk mendapat masukan, saran dan arahan dari Pusdiklat BPK RI yang sudah terlebih dahulu memperoleh predikat WBBM di tahun 2016 terkait pembangunan zona integritas menuju WBBM. .

Kepala Pusat Standarisasasi dan Evaluasi Diklat Pusdiklat BPK RI, Gunarwanto, dalam sambutannya menjelaskan langkah dan strategi yang tepat dan cepat untuk menuju WBBM adalah harus adanya komitmen yang kuat, kemudahan dalam memberikan pelayanan, tersedianya program-program yang bersentuhan dengan masyarakat, monitoring dan evaluasi serta manajemen media.

“Menurut kami, langkah dan strategi yang cepat dan tepat untuk mencapai predikat WBBM adalah seluruh jajaran pimpinan dan pegawai harus berkomitmen, kemudian juga memberi kemudahan dalam memberikan pelayanan publik. Selain itu, kita harus punya program-program yang menyentuh masyarakat, adanya monitoring dan evaluasi serta ada manajemen media yang tertata dengan baik,” pungkasnya.

Ia juga menekankan penataan sistem manajemen SDM dan penguatan pengawasan harus benar-benar diperhatikan karena bobotnya 30 % untuk kedua komponen tersebut. “Saya ingin menekankan bahwa penataan sistem manajemen SDM dan penguatan pengawasan harus benar-benar diperhatikan karena bobotnya besar, yaitu 30 %,” ujarnya.

Pria berperawakan sedang ini juga menyatakan hal-hal lain yang juga tidak kalah penting dalam penilaian WBBM  adalah bentuk-bentuk  inovasi dan inisiatif yang dipromosikan suatu organisasi kepada Kemenpan, seperti penghargaan pegawai teladan setiap bulan, adanya komunitas bakat dan minat dan berbagai macam media pembelajaran.

“Hal-hal lain yang tidak kalah penting dalam penilaian menuju WBBM adalah lembaga tersebut harus mempunyai berbagai inovasi dan inisiatif yang bisa dipromosikan ke pihak Kemenpan, seperti di Pusdiklat BPK RI yang mempunyai acara employee of the month, adanya community time, kemudian lagi ada komunitas minat dan bakat, berbagai media pembelajaran dan ada simulasi persidangan yang mirip dengan persidangan sesungguhnya,” ungkapnya.

Di akhir acara, Kapus PPSDMA menyampaikan ucapan terima kasih yang setinggi-tinggnya dan menyatakan kegiatan ini menjadi inspirasi dan pemacu bagi PPSDM Aparatur untuk segera membangun zona integritas menujun WBBM. (DA).