KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PELATIHAN ENGLISH COMMUNICATION SKILLS ANGKATAN III

  • Kamis, 18 Agustus 2022
top news image

Dalam roadmap Reformasi Birokrasi telah ditargetkan terwujudnya world class government atau pemerintahan berkelas dunia pada tahun 2024. Maka, Aparatur Sipil Negara (ASN) harus memiliki ciri-ciri Smart ASN, yaitu berintegritas, nasionalisme, profesionalisme, berwawasan global, menguasai IT dan bahasa asing, hospitality, networking, dan entrepreneurship.


Oleh karena itu dituntut bagi setiap aparatur negara baik pusat maupun daerah untuk mempunyai keterampilan berkomunikasi yang baik, baik lisan maupun tulisan, khususnya dalam berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang digunakan di berbagai belahan dunia. 


Kemampuan berkomunikasi yang baik dalam hubungan kenegaraan, kedinasan dan bisnis dengan pihak asing, baik secara lisan ataupun tulisan, terutama Bahasa Inggris, mutlak diperlukan oleh setiap aparatur negara agar dapat berinteraksi dengan penutur asing dan dapat menyampaikan gagasan dan ide dalam bahasa Inggris.


 Guna meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris bagi ASN di lingkungan Kementerian ESDM, Pusat Pengembangan SDM Aparatur kembali menyelenggarakan Pelatihan English Communication Skills yang dilaksanakan selama 5 (Lima) hari mulai tanggal 10 s.d. 16 Agustus 2022. Bekerjasama dengan Pengajar dan Fasilitator dari Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka dan Humas Universitas Pembangunan Jaya.


Pelatihan English for Communication Skills disiapkan sebagai pengantar keterampilan berbahasa Inggris bagi pegawai level pelaksana, pimpinan administrasi, pejabat fungsional, maupun pimpinan tinggi. Secara khusus tujuan pelatihan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap bagi pejabat struktural/ calon pejabat struktural maupun fungsional lingkup Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral agar dapat berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris khususnya secara formal.