Para ASN harus dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada
masyarakat. Sadar akan pentingnya pelayanan kepada masyarakat, PPSDMA
mengadakan Pelatihan Excellent Service Angakatan II secara daring dari tanggal 24 – 27 Januari 2023. Kegiatan pelatihan
diikuti 29 orang peserta dan difasilitasi oleh Widyaiswara
dari PPSDM Aparatur.
Materi Pelatihan mencakup
1.
Pengenalan Nilai – Nilai ASN dan
Komitmen Pembelajaran;
2.
Pengertian, Tujuan, Manfaat Pelayanan
Prima;
3.
Prinsip Pelayanan Prima;
4.
Jenis Pelanggan;
5.
Karakteristik Pelanggan;
6.
Masalah Pelayanan Prima;
7.
Standar Mutu Pelayanan Prima.
Andi, Koordinator Program dan Kerja Sama, yang mewakili Kepala Pusat
menyatakan kualitas pelayanan public di lingkungan KESDM harus terus
ditingkatkan. “Kualitas pelayanan public di
unit-unit kerja Kementerian ESDM perlu ditingkatkan agar perilaku pemberi
pelayanan dalam berinteraksi dengan penerima layanan dilakukan sesuai stanndar
sehingga dapat menciptakan kepuasan penerima pelayanan public di
organisasi/unit kerja,” ujarnya.
Ia juga menegaskan
pentingnya kualitas SDM dalam meningkatkan kualitas pelayanan public. “Menciptakan
sumber daya yang profesional adalah Langkah terbaik untuk meningkatkan dan
menciptakan service excellent di organisasi/unit kerja,” ujarnya.
Pelatihan ini akan direncanakan dalam beberapa angkatan karena
pentingnya pelatihan ini untuk meningkatkan pelayanan public.
Harapannya setelah
mengikuti pelatihan ini peserta mampu menerapkan dan memberikan pelayanan prima
dengan baik dan benar.
Dukung Kompetensi Penilaian Mandiri Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi, PPSDM Aparatur Gelar Bimtek Daring