KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PELATIHAN ACCOUNTING FOR NON ACCOUNTANT ANGKATAN II BANDUNG, 18 Mei 2022

  • Jumat, 20 Mei 2022
top news image

Pusat Pengembangan SDM Aparatur kembali menyelenggarakan Pelatihan Accounting For Non Accountant Angkatan II, dilaksanakan selama 5 hari kerja dimulai pada tanggal 18 s.d. 24 Mei 2022 secara metode pembelajaran jarak jauh (distance learning) dengan menggunakan aplikasi Zoom Meeting. 


Pelatihan ini dirancang khusus untuk para peserta tanpa latar belakang akuntansi tetapi yang ingin memahami bagaimana transaksi bisnis dicatat, diringkas, dan diinterpretasikan untuk tujuan pengambilan keputusan komersial. Melalui serangkaian latihan, para peserta akan mendapatkan hands-on experience mengenai penerapan praktis mulai dari teori dan konsep dalam “siklus akuntansi,” dari transaksi sampai dengan penyusunan laporan keuangan, dan melakukan analisa laporan keuangan. 


Diikuti oleh peserta sebanyak 33 (tiga puluh tiga) orang Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, dengan Pengajar dan Fasilitator berasal dari Universitas Islam Negeri Malang dan Biro Keuangan KESDM.


Kepala Pusat Pengembangan SDM Aparatur dalam sambutannya menyampaikan bahwa setelah mengikuti pelatihan ini peserta mampu menjelaskan akuntansi secara umum dan dapat menyusun laporan keuangan, serta tersedianya aparatur pemerintah yang memiliki kompetensi untuk menjelaskan akuntansi secara umum dan dapat menyusun laporan keuangan dalam pembinaan pengawasan.