KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Aparatur Harus Miliki Kecerdasan Spiritual

  • Senin, 17 Januari 2022
top news image

Kecerdasan spiritual adalah soft skill yang harus juga dimiliki para aparatur. Sadar akan pentingnya kecerdasan spiritual ini, PPSDM Aparatur menggelar Penyertaan ESQ Angkatan I. Kegiatan ini dilaksanakan dari tanggal 17 - 19 Januari secara online dan diikuti oleh 30 orang peserta. Kegiatan tersebut difasilitasi oleh ACT Consulting International. 

Kepala PPSDMA, Edi Prabowo, dalam sambutannya menyatakan seseorang harus membutuhkan kecerdasan emosional dan spiritual yang seimbang. "Dalam kehidupan sehari-hari seseorang membutuhkan kehidupan yang berimbang antara kecerdasan emosional dan spiritual secara seimbang," ujarnya. 

Ia juga menambahkan kecerdasan yang seimbang akan menghasilkan pengendalian diri dan kehidupan yang lebih baik."Bila seseorang memiliki kecerdasan emosional dan spiritual yang berimbang, maka ia akan memiliki pengendalian diri dan kehidupan yang lebih baik," pungkasnya.

Materi-materi yang diajarkan mencakup : Why Culture, Higher Purpose, Personal Values, Values Allignment, Breaking Mental Block, Spiritual Commitment, Review dan Penutup. 

Kecerdasan spiritual adalah soft skill yang sangat penting bagi peningkatan kehidupan dan karir aparatur yang lebih baik.