KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Kantorku Rumah Keduaku

  • Kamis, 18 Agustus 2022
top news image

Pergi pagi pulang petang merupakan rutinitas yang sudah tidak asing lagi bagi para pencari rupiah di perkotaan. Dalam mencari nafkah hampir sebagian besar pegawai menghabiskan waktunya di kantor, sehingga seringkali kantor menjadi rumah kedua. Lalu, apakah waktu yang dihabiskan seorang pegawai di kantor sudah cukup efektif dalam pencapaian tujuannya? serta bagaimanakah cara untuk mengelola aktivitas yang dilakukan di kantor agar meningkatkan efisensi perusahaan/ instansi.


Sebagai upaya penataan ataupun pengelolaan suatu pekerjaan di kantor, Pusat Pengembangan SDM Aparatur gelar Pelatihan Manajemen Perkantoran secara distance learning, yang dilaksanakan mulai tanggal 15 s.d. 22 Agustus 2022. Para peserta pelatihan yang terdiri dari ASN di lingkungan Kementerian ESDM mendapatkan beberapa materi yang dikemas menarik oleh Widyaiswara PPSDM Aparatur, yaitu materi Pengantar Manajemen Perkantoran, Pelayanan Perkantoran, Lingkup Kegiatan Kerumahtanggaan, Pengantar Kearsipan dan Otomasi Perkantoran.


Manajemen Perkantoran merupakan upaya penataan pada aktivitas atau kegiatan ketatausahaan dari suatu kantor secara menyeluruh, agar dapat mencapai tujuan yang efektif dan efisien. Mengelola bagaimana mengembangkan sikap, pikiran, serta tingkah laku modern seorang pegawai yang ditunjang dengan pemanfaatan teknologi modern. Pemanfaatan teknologi terbaru atau mutakhir yang sesuai dengan pembaharuan, sehingga sesuai dengan perkembangan zaman.


Dengan menerapkan manajemen perkantoran terjadi perubahan luar biasa dalam proses implementasi fungsi manajemen, menerapkan teknologi modern berlandaskan azas demokratisasi, keterbukaan, akuntabilitas, transparansi, proporsional dan profesional. Sehingga seorang ASN KESDM diharapkan dapat menerapkan ilmu manajemen modern dalam rutinitasnya di kantor guna mencapai tujuan utama dari organisasi.