KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PELATIHAN POLICY PAPER angkatan IV BANDUNG, 11 Juli 2022

  • Selasa, 12 Juli 2022
top news image

Kebijakan merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat. Beberapa tahapan dalam pembuatan kebijakan salah satunya melibatkan pembuatan rekomendasi kebijakan terlebih dahulu. Tahapan tersebut ditujukan untuk mengevaluasi opsi kebijakan berdasarkan beberapa permasalahan serta memfasilitasi proses pembuatan kebijakan.


Dalam menyusun rekomendasi kebijakan dibutuhkan pendekatan yang tepat dan analisis yang rasional berdasarkan bukti atau permasalahan yang ada untuk menghasilkan hasil yang lebih baik. Tahapan tersebut perlu dipahami terlebih dahulu untuk memperoleh rekomendasi kebijakan yang dapat dipahami dan tepat sasaran.


Mengacu kepada Peraturan Kepala Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia nomor 28 Tahun 2017, kertas kerja kebijakan (Policy Paper) adalah tulisan hasil penelitian yang fokus pada isu kebijakan tertentu dan menawarkan alternatif rekomendasi solusi untuk disampaikan kepada para pemangku kepentingan, dimana dalam penyusunannya, policy paper memiliki tujuan membantu mengidentifikasi masalah kebijakan, membantu memahami isu yang sedang terjadi dan berimplikasi terhadap desain dan perilaku kebijakan.


Untuk mendapatkan Pegawai Negeri Sipil yang mampu memberi kontribusi dan masukan-masukan yang strategis bagi pemerintah di sektor energi dan sumber daya mineral, Pelatihan Policy Paper angkatan IV akan dilaksanakan kembali selama 5 hari secara Distance Learning dimulai tanggal 11  Juli hingga 15 Juli 2022 dengan menggunakan aplikasi zoom meeting dan Smile PPSDM Aparatur dengan peserta berjumlah sebanyak 22 orang PNS yang berasal dari lingkungan kementerian ESDM. 


Materi yang disampaikan dalam pelatihan meliputi: Konsep dan Metode Penelitian, Metode Pengumpulan Data Primer, Pengolahan Data Kuantitatif, Pengolahan Data Kualitatif, Prinsip dan Kaidah Penulisan Laporan Kebijakan, Penulisan untuk Penyajian Hasil Analisa, Contoh dan Latihan Penulisan Laporan Kebijakan. Narasumber berasal dari Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.


Setelah mengikuti pelatihan Policy Paper ini, seluruh peserta diharapkan dapat melakukan penyusunan laporan kebijakan secara komprehensif.