KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Ingin Sukses Jadi ASN, Kuasailah Keterampilan Menulis !

  • Jumat, 22 Juli 2022
top news image

Keterampilan menulis bagi kebanyakan orang adalah keterampilan yang sangat sulit dikuasai. Menulis menjadi momok menakutkan bagi kebanyakan pelajar, mahasiswa dan para pegawai/karyawan karena keterampilan ini dianggap sangat sulit dikuasai. Banyak karyawan/pegawai tidak bisa menanjak karirnya dengan cepat dan mulus karena mereka tidak menguasai keterampilan menulis secara baik dan efektif

Penulis pun menyadari keterampilan menulis ini sangat sulit dikuasai jika kita tidak mau berlatih secara terus menerus dan tekun. Keterampilan ini menuntut disiplin dan ketekunan yang luar biasa.

Penulis tertarik untuk membahas keterampilan menulis, khususnya untuk pemula, karena penulis pun mempunyai keterbatasan dan kesulitan untuk menulis yang baik dan efektif.

Untuk menjawab rasa penasaran penulis, penulis menggali (googling) dari berbagai sumber dan menemukan sebuah tulisan yang pas sebagai bahan tulisan. Tulisan ditulis oleh Toni Al-Munawwar, blogger, pada tanggal 12 Januari 2022 dengan judul 6 Tips Menulis Untuk Pemula. Toni memberikan solusi-solusi yang praktis agar dapat menulis secara efektif sebagai pemula.

Menurut Toni, tips yang pertama adalah beranilah memulai untuk menulis walaupun tulisan tersebut jelek dan banyak salah. Keberanian menulis ini adalah langkah awal untuk segera dapat menguasai keterampilan menulis. Sebagai pemula, pastinya tulisan akan terasa hambar, acak-acakan, tidak terstruktur dan banyak salah dalam aspek tulisan seperti ejaan, struktur kalimat dll. Segala sesuatu butuh proses yang panjang untuk dapat mahir.

Tips kedua adalah tulislah kalimat-kalimat pendek terlebih dahulu. Sebelum seseorang penulis kalimat-kalimat panjang, orang itu harus menulis kalimat-kalimat pendek terlebih dahulu. Ia harus dapat merangkai kalimat dengan menggunakan Subjek, Predikat dan Objek dengan baik sebelum ia menulis kalimat panjang dan kompleks.

Ketiga adalah belajarlah menulis kalimat panjang. Sesudah kita dapat menulis kalimat-kalimat pendek dengan baik, mulailah belajar menulis kalimat-kalimat panjang. Sambungkanlah kalimat-kalimat tersebut dengan kata-kata transisi seperti selanjutnya, di samping itu, selain itu, oleh sebab itu dll. Latihan menyambung kalimat ini harus dilatih secara terus menerus dan kontinyu untuk menghasilkan kalimat-kalimat panjang yang baik dan efektif.

Tips keempat adalah buatlah tulisan bebas (free writing) tentang apa saja yang ingin kita tulis. Mulailah menulis secara bebas tentang apa saja dan jangan takut salah. Menulis bebas ini berlatih menuangkan ide dan gagasan ke dalam tulisan.

Tips kelima adalah menulislah tentang suatu ide/tema secara spontan. Ketika kita menemukan sebuah ide yang menarik, segeralah tulis agar ide itu tidak hilang. Ide tersebut belum tentu akan datang dua kali. Oleh karena itu, segeralah berlatih menulis secara spontan atas suatu ide/gagasan.

Toni menyatakan “berlatih menulis spontanitas sangat membantu dalam menangkap ide yang bermunculan secara mendadak”. Ia pun menambahkan  “berlatih menulis spontanitas membuat kita tak kehilangan ide dan lebih peka jika ada ide baru muncul”.

Tips terakhir dari Toni adalah ubahlah kalimat biasa menjadi luar biasa. Ketika kita sudah menulis   kalimat-kalimat, lihatlah dan ubahlah kalimat-kalimat tersebut menjadi kalimat yang memikat dan luar biasa

Contoh : Pagi ini perutku terasa sakit. Nyeri tak tertahankan.

Kalimat luar biasa: Sudah satu jam lebih, ia keluar masuk toilet. Sesekali pemuda itu memegangi perutnya yang sakit sambil meringis. Nyeri seperti di tusuk-tusuk. (contoh dari sumber)

 

Dan banyak contoh kalimat lain yang dapat diubah agar menjadi kalimat yang memikat para pembaca.

 

Keterampilan menulis adalah keterampilan yang tidak bisa dikuasai dalam hitungan hari. Namun perlu dilatih secara terus menerus, kontinyu dan tekun agar dapat menjadi seorang penulis yang handal.

 

Tips-tips simple dan sederhana yang diungkap Toni dapat menjadi inspirasi bagi para penulis pemula untuk menjadi penulis handal.

 

Selamat mencoba !!

 

(DA)