KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Aparatur Harus Dapat Memberikan Pelayanan Prima kepada Masyarakat

  • Selasa, 02 November 2021
top news image

Pelayanan publik yang prima (service excellent) adalah keterampilan dan kewajiban yang harus diberikan oleh setiap aparatur pemerintah kepada masyarakat dan juga para stakeholders. Mengingat pentingnya hal tersebut, PPSDM Aparatur yang bekerja sama dengan Setjen Dewan Energi Nasional mengadakan Bimtek Service Excellent untuk para pegawai DEN. Kegiatan secara online ini diadakan dari tanggal 1-5 November dengan para pengajar dari Telkom University.

Kegiatan yang dibuka oleh Koordinator Program dan Evaluasi Wien Evayanti Redina ini menyatakan memberikan pelayanan yang terbaik itu tidak lah mudah terutama dengan variasi pelanggan yang beragam.

Ia juga menyatakan tujuan pelayan prima adalah untuk memberikan pelayanan untuk dapat memenuhi dan memuaskan para pelanggan sehingga instansi pemerintah/perusahaan mendapatkan keuntungan yang maksimal demi keberlangsungan organisasi tersebut.

Materi yang diajarkan pada bimtek ini mencakup : Pelayanan prima, Perilaku Pelanggan/Konsumen dalam organisasi, Menjalin komunikasi dengan konsumen, Strategi dan Teknik memuaskan konsumen dan Etika dalam Pelayanan Prima.

Dalam masa pandemi yang masih belum reda, PPSDMA mengadakan berbagai pelatihan dan bimtek secara daring melalui zoom untuk tatap muka dan mengakses modul pembelajaran melalui aplikasi SMILE PPSDMA.