KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Mengejar Kompetensi Perencanaan dan Pengelolaan Keuangan APBN Lewat Pelatihan Daring

  • Kamis, 12 Agustus 2021
top news image

Bandung, 12 Agustus 2019. Dalam menjalankan jabatan Fungsional Pranata Keuangan APBN dan Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN, diperlukan berbagai kompetensi tambahan agar pekerjaan bisa dilakukan sesuai kewenangan dan peraturan perundang-undangan.

Untuk membantu ASN Kementerian ESDM meraih kompetensi tersebut, PPSDM Aparatur menggelar Pelatihan Analis Pengelolaan Keuangan APBN Batch I, mulai tanggal 12-19 Agustus 2021. Pelatihan yang dipandu oleh para Widyaiswara PPSDM Aparatur ini digelar secara daring dan diikuti oleh ASN dari lintas unit Kementerian ESDM.

Melalui pelatihan ini, diharapkan peserta dapat membuat perencanaan pelaksanaan penganggaran, pelaksanaan penganggaran, pertanggungjawaban dan pelaporan keuangan, memahami peraturan dan mekanisme pengadaan, penggunaan, dan pemanfaatan barang/jasa, dan menguasai akuntansi dan pelaporan.

Koordinator Penyelenggaraan Diklat dan Pengelolaan Sarana Prasarana, Muhamad Adis, dalam sambutannya mewakili Kepala PPSDM Aparatur mengatakan bahwa Jabatan Fungsional Analis Pengelolaan Keuangan APBN adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak untuk melaksanakan kegiatan analisis di bidang pengelolaan keuangan APBN pada satuan kerja kementerian negara/lembaga sesuai kewenangan dan peraturan perundang-undangan.

“Dengan terselenggaranya Distance Learning Analis Pengelola Keuangan APBN ini diharapkan peserta mampu mengembangkan pengetahuan yang telah didapatkan selama mengikuti pelatihan secara bertahap dengan membiasakannya dalam pengalaman kerja sehari-hari serta dapat mendorong para pegawai dalam satuan kerja untuk turut menerapkannya dengan harapan membawa dampak baik terhadap organisasi secara keseluruhan,” jelasnya, panjang lebar.