KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Siapkan Talenta untuk Proses Suksesi, PPSDM Aparatur Kembali Gelar LDP Angkatan II Untuk Para Pejabat KESDM

  • Senin, 21 Maret 2022
top news image

PPSDM Aparatur kembali menggelar Pelatihan Leadership Development Program Angkatan II untuk para pejabat tinggi pratama di lingkungan KESDM. Ada 13 orang pejabat tinggi pratama (eselon 2) di lingkungan KESM mengikuti Leadership Development Program (LDP)  yang digelar secara tatap muka di Hotel The Gaia, Kota Bandung selama 2 hari, mulai 18– 19 Maret 2022. 

Program pengembangan kepemimpinan (LDP) merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan kompetensi yang diadakan oleh PPSDM Aparatur untuk para pejabat tinggi pratama. Pelatihan yang bekerjasama dengan vendor swasta DDI ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi manajerial dan kepemimpinan para pejabat.

Kepala BPSDM ESDM, Prahoro Yulianto Nurtjahyo, dalam sambutan dan arahnnya menyatakan persiapan suksesi merupakan hal yang sangat penting.”Akan banyak pejabat tinggi di KESDM yang akan segera memasuki masa purna bakti, oleh karena itu penyiapan suksesi yang terencana dengan baik adalah sangat penting agar suksesi berjalan dengan lancar dan mulus,” ujarnya

Ia juga menegaskan memberikan umpan balik/feedback antarsesama pegawai harus dapat dibudayakan di lingkungan KESDM.”Memberikan umpan balik/feedback yang konstruktif antarsesama pegawai harus dapat dibudayakan untuk menghasilkan dan menciptakan pegawai yang berkualitas,” tegasnya. 

Selain untuk mendapatkan pengetahuan baru, peserta pelatihan diharapkan dapat menggunakan ajang ini sebagai sarana silaturahmi yang serius namun dalam suasana santai. Dengan demikian, peserta lebih dapat meningkatkan skill activity dalam berkinerja dengan baik untuk kedepannya, memberikan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang di dapat dalam pelatihan tersebut kepada para pegawai untuk menunjang kinerja yang produktif dan efisien.

Kepala pusat PPSDM Aparatur, A.Susetyo Edi Prabowo, dalam sambutannya di sesi penutupan mengatakan, "setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat me-refresh dan meningkatkan kapasitas serta kapabilitasnya, lalu dapat mengapllikasikan ilmu, pengetahuan, dan skil yang diperoleh untuk memajukan produktivitas serta memperlancar tugasnya.” 

Pelatihan ini diharapkan dapat membuat peserta memiliki kontribusi yang lebih besar dalam pelaksanaan kerja di sektor ESDM, melalui kompetensi manajerial dan pengelolaan organisasi.