Pengaruh Metode Coaching Terhadap Peserta Pendidikan Dan
Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia
Geologi, Mineral dan Batubara, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral
ABSTRAK
Sesuai dengan
Peraturan Kepala LAN RI No. 13 Tahun 2013 tentang Pedoman Penyelenggaraan
Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat IV sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Kepala LAN No. 20 Tahun 2015.
Dalam pelaksanaan kurikulum diklat kepemimpinan saat ini ada Kegiatan
Pembelajaran di Luar Mata Diklat berupa: Pembimbingan (Coaching dan Mentoring)
dan Konseling. Salah satu permasalahan dalam Diklat
Kepemimpinan Tingkat IV adalah metode coaching yang dilakukan.
Metode coaching yang kurang efektif dapat menyebabkan peserta
didik menjadi kurang termotivasi sehingga output diklatpim tidak optimal.
Ada banyak sekali metode coaching, metode coaching
yang seperti apakah yang efektif dan efisien digunakan untuk diklatpim tingkat IV
ini. Coaching dilakukan melalui stimulasi, pertanyaan powerfull,
dan dialog kreatif sehingga peserta didik memperoleh prestasi terbaik yang
diharapkan. Rumusan masalah yang dikemukakan adalah bagaimana Pengaruh
Metode Coaching Terhadap Peserta Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat
IV Angkatan II dan III Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur,
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Penelitian tentang Pengaruh
Metode Coaching Terhadap Peserta Pendidikan Dan Pelatihan Kepemimpinan Tingkat
IV Angkatan II dan III Di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur,
Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dilakukan menggunakan
pendekatan kualitatif.
Kata
kunci : coaching,
pendidikan, diklat, sumber daya manusia