KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Setiap Pemimpin Harus Mampu Menyusun Rekomendasi Kebijakan

  • Selasa, 08 Februari 2022
top news image

Setiap pemimpin harus mempunyai skill yang baik dan pengetahuan dalam segala bidang, termasuk mampu menyusun rekomendasi kebijakan. Kebijakan yang tentunya menguntungkan semua pihak. Menyikapi pentingnya penyusunan kebijakan bagi aparatur KESDM, PPSDM Aparatur mengadakan Pelatihan Policy Paper Angkatan I secara daring selama 5 hari (7 - 11 Februari). Kegiatan diikuti 22 orang peserta dengan para pengajar yang berasal dari LPEM FEB UI.

Kepala PPSDMA menyatakan penyusunan kebijakan membutuhkan pendekatan yang tepat dan analisis yang rasional. "Menyusun rekomendasi kebijakan itu membutuhkan pendekatan yang tepat dan analisis yang rasional berdasarkan bukti atau permasalahan yang ada untuk menghasilkan kebijakan yang tepat." ungkapnya.

Ia pun menambahkan kebijakan adalah salah satu instrumen pemerintah dalam memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan masyarajkat. "Kebijakan merupakan salah satu instrumen pemerintah untuk memenuhi kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Pelatihan penyusunan rekomendasi kebijakan merupakan salah satu pelatihan strategis dan penting dan direncakan akan dilaksakan dalam beberapa angkatan.