KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDM Aparatur Mendukung Penyiapan Training yang Lebih Tajam Lewat Pelatihan Training Needs Analisys

  • Selasa, 21 September 2021
top news image

Menyiapkan SDM yang kompeten harus disertai perencanaan pengembangan. Dan, perencanaan pengembangan yang baik haruslah didasari analisa mendalam tentang kebutuhan SDM.

Didasari kebutuhan ini, PPSDM Aparatur menggelar Pelatihan Training Needs Analisys dengan metode distance learning melalui aplikasi E-Learning Smile PPSDM Aparatur. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat  adanya kesenjangan antara kemampuan yang dimiliki, baik itu yang terkait dengan knowledge skill atau attitude dengan kinerja yang ditampilkan. Dari sana, bisa diketahui hal-hal dan pelatihan apa yang bisa diberikan terkait dengan masalah tersebut untuk menghasilkan kinerja yang baik.

Kepala PPSDM Aparatur, A. Susetyo Edi Prabowo menegaskan bahwa Training Needs Analisys (TNA) merupakan suatu proses identifikasi dan analisis tentang kebutuhan pelatihan atau program pengembangan potensi Sumber Daya Manusia (SDM) di dalam sebuah organisasi atau perusahaan dengan tujuan akhir adalah peningkatan performa SDM.

Untuk itulah perusahaan atau organisasi biasanya membuat training atau pelatihan bagi karyawannya. Agar tepat sasaran, pelaksanaan pelatihan harus disesuaikan dengan kebutuhan apa yang diperlukan oleh perusahaan atau organisasi tersebut. Artinya, suatu perusahaan atau organisasi tidak bisa serta merta mengapdosi bentuk pelatihan dari perusahaan atau organisasi lainnya karena kebutuhanya  berbeda. Dalam upaya penentuan pelaksanaan pelatihan yang tepat sasaran itulah dilakukan sebuah Training Needs Analisys,” tegas Kepala PPSDM Aparatur.

Digelar dari tanggal 15-21 September 2021, Pelatihan Training Needs Analisys ini dipandu oleh Widyaiswara dari PPSDM Aparatur yang memiliki kompetensi tinggi di bidangnya dan diikuti 25 peserta dari lingkungan Kementerian ESDM.