KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDMA Gelar Bimtek Penggunaan Webex untuk Calon Administrator G20 KESDM

  • Selasa, 08 Maret 2022
top news image

Indonesia resmi memegang Presidensi G20 pada 1 Desember 2021. Imbasnya Indonesia akan menggelar ratusan pertemuan dan negosiasi dalam berbagai Working Group (WG) pada Sherpa Track dan Finance Track, serta Engagement Group (EG).

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang mendapat tugas berperan dalam Energy Transition Working Group (ETWG) tentunya harus mempersiapkan tenaga administrator yang andal dalam melaksanakan berbagai pertemuan, termasuk menggelar rapat virtual/daring. 

Webex adalah platform virtual yang digunakan selama gelaran G20. Mengingat pentingnya memiliki tenaga admin yang andal dalam mengoperasikan platform Webex, BPSDM cq. PPSDM Aparatur bekerja sama dengan Kominfo dan PT Aliansi Sakti Webex Indonesia, menggelar bimtek Penggunaan Platform Webex G20 sebagai pembekalan kepada 28 orang peserta di lingkungan KESDM, Jumat (04/03). Pelatihan ini digelar secara hybrid (daring dan luring), dan berlokasi di Hotel Marbella Suites, Dago Pakar, Kabupaten Bandung. 

Saat memberi sambutan, Kepala PPSDMA, Susetyo Edi Prabowo menyatakan, Indonesia melalui KESDM dapat membantu pemerintah dalam rapat-rapat virtual melalui tenaga-tenaga admin yang dihasilkan dari bimtek 1 hari ini. 

“PPSDMA yang berada di bawah KESDM tentunya harus dapat membantu mensukseskan pertemuan-pertemuan virtual G20 dengan bantuan para tenaga admin yang kompeten pada platform Webex,” tutur Susetyo. 

Sementara itu, Kapusdatin KESDM, Agus Cahyono Adi, menyatakan alasan pemilihan Webex sebagai platform virtual di G20. “Webex dipilih sebagai platform virtual dalam pertemuan-pertemuan virtual G20 karena dianggap lebih secure daripada aplikasi zoom,” tegasnya. 

Agus pun menegaskan pentingnya akan pembagian tugas masing-masing admin dan disiplin dalam menjalankan tugas. “Kami berharap para calon admin rapat virtual G20 dapat memperhatikan tugasnya masing-masing dan disiplin pada tugasnya masing-masing,” tambahnya. 

Sementara, Irawati Tjipto Priyanti, Kepala Pusat Data dan Sarana Informasi Kominfo, menyatakan mendukung penuh kegiatan bimtek untuk ETWG G20. “Kami akan mendukung penuh KESDM dalam menjalankan perannya sebagai Ketua dalam ETWG G20.”

Acara pelatihan diisi oleh para ahli dari Kominfo dan praktisi dari Webex Indonesia. Mereka memberikan materi-materi yang terbaru dari Webex : fitur-fitur real-time translation, background and noise removal, voice enhancement, dan lain-lain. Webex juga compatible dengan mesin pencari seperti Firefox, Safari dan Chrome. (Denny Andres/Pranata Humas)