KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH ANGKATAN I

  • Rabu, 15 Juni 2022
top news image

Dalam menyampaikan informasi ilmiah kepada masyarakat umum, diperlukan suatu teknik menulis dengan memenuhi kaidah dan etika keilmuan yang sesuai dengan standar ilmiah. Untuk membekali kemampuan tersebut, PPSDM Aparatur mengadakan Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Angkatan I yang diikuti oleh 30 orang Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang akan dilaksanakan dari tanggal 13 - 17 Juni 2022.


Dalam sambutan di acara pembukaan pelatihan, Kepala PPSDM Aparatur yang diwakili oleh Sub Koordinator Penyelengaraan Pendidikan dan Pelatihan PPSDM Aparatur, Andri Suryana menyampaikan pesan kepada para peserta.


“Penulisan Karya Tulis Ilmiah umum tetap harus berpegang kepada standar ilmiah, tetapi ditampilkan dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat ataupun pembaca awam. Karya Tulis ilmiah umum lebih banyak diciptakan dengan cara menyadur, mengutip, dan meramu informasi dari berbagai tulisan orang lain daripada menulis murni gagasan, pendapat, dan pernyataan sendiri. Artinya Karya Tulis Ilmiah lebih tepat disebut sebagai tulisan daripada karangan.”


Adapun materi yang akan diajarkan dalam pelatihan ini mencakup : Ide dan topik menulis KTI, Kerangka KTI/Rancangan Penulisan, Metodologi Penelitian, Teknik menulis Karya Tulis Ilmiah, Ejaan Bahasa Indonesia dan Tata Bahasa dan Proses Pasca Penulisan.


Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Angkatan I dilaksanakan dengan metode Distance Learning dan difasilitasi para pengajar dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi; dan Widyaiswara dari PPSDM Aparatur.