KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDMA Finalisasi Kurikulum Adaptive Leadership dan System Thinking

  • Senin, 04 November 2019
top news image

(04/11/19) PPSDM Aparatur mengadakan finalisasi kurikulum system thinking dan adaptive leadership hari ini Senin (04/11) dengan para narasumber di PP PAUD dan Dikmas Jawa Barat, Jayagiri, Lembang. Kedua kurikulum tersebut direncanakan akan diberikan untuk seluruh ASN untuk semua jenjang di lingkungan KESDM.

Kegiatan yang diadakan Bidang Pengembangan Kompetensi SDM Aparatur mengundang Purwastuti, Widyaiswara Ahli Utama LAN dan Teten W. Avianto, praktisi system thinking. Purwastuti mengungkapkan fungsi pemimpin tidak hanya memerintah, namun juga membentuk tim kerja yang efektif sehingga dapat meminimalisir hambatan dengan cara membangun tim yang lincah/gesit.

Ia juga menambahkan pemimpin dalam organisasi yang gesit memiliki ciri : 1) Memberdayakan anggota tim, 2) Mendengarkan, 3) Melayani  yang tergabung dalam tim, 4) Membantu sesama untuk berkembang, 5) Tidak banyak mengatur, dan 6) Mempromosikan keamanan, penghargaan dan kepercayaan

Dalam kegiatan finalisasi kurikulum tersebut, para widyaiswara PPSDMA memaparkan kurikulum yang sudah dibuat dan kemudian diadakan sesi diskusi dan masukan-masukan dari para narasumber. (DA)