KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDMA Adakan Pelatihan Manajemen Perkantoran

  • Senin, 30 Januari 2023
top news image

Manajemen perkantoran adalah keterampilan dan pengetahuan yang harus dikuasai para aparatur. Oleh karena itu, PPSDM Aparatur mengadakan Pelatihan Manajemen Perkantoran Angkatan I. Pelatihan diadakan selama 5 (lima) hari kerja mulai dari tanggal 30 Januari – 3 Februari 2023 secara tatap muka di BPSDM ESDM diikuti 27 orang aparatur Kementerian ESDM. Para pengajar berasal dari Setjen KESDM dan para widyaiswara PPSDMA. 

Pelatihan bertujuan agar para peserta mampu menjelaskan konsep, teori, ruang lingkup Manajemen Perkantoran, mampu menjelaskan pelayanan perkantoran (komunikasi, etika, SOP), mampu menjelaskan Kegiatan Kerumahtanggaan (pengelolaan Gedung, manajemen building, green building, K3, BMN), mampu menjelaskan korespondensi (tndk, notulensi, briefing sheet) dan kearsipan dan mampu menjelaskan Otomasi Perkantoran di Lingkungan KESDM. 

Materi Pelatihan mencakup : Pengantar Manajemen Perkantoran, Pelayanan Perkantoran, Lingkup Kegiatan Kerumahtanggaan, Pengantar Kearsipan dan  Otomasi Perkantoran

Zulkifli, WI PPSDMA, dalam sambutan mewakili Kepala Pusat, menyatakan manajemen perkantoran yang modern harus ditunjang dengan teknologi modern. 


“Manajemen Perkantoran modern berarti manajemen perkantoran yang memanfaatkan sikap, pikiran tingkah laku yang modern. Dan juga ditunjang oleh pemanfaatan teknologi modern, yaitu teknologi terbaru/mutakhir yang sesuai dengan pembaharuan, sehingga sesuai dengan perkembangan zaman,” ujarnya.


Mengingat pentingnya pelatihan ini, pelatihan ini akan direncanakan dalam beberapa angkatan untuk meningkatkan kompetensi aparatur KESDM.