KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDM Aparatur Selenggarakan Pelatihan Pengelolaan Arsip Dinamis dan Filing Sistem

  • Selasa, 07 Februari 2023
top news image

Pelatihan Pengelolaan Arsip Dinamis dan Filing Sistem bagi para pegawai KESDM juga perlu diadakan. Pelatihan yang bertujuan agar para peserta dapat mengarsip file-file dinamis diikuti belasan pegawai dan dimulai kemarin tanggal 6 Februari 2023.

 

Pengelolaan Arsip Dinamis itu adalah proses pengendalian arsip secara efisien, efektif dan sistematis yaitu meliputi penciptaan, penggunaan, dan pemeliharaan, penyusutan arsip (Undang – Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan). Pengelolaan Arsip Dinamis dilaksanakan untuk menjamin ketersediaan arsip sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan alat bukti yang sah berdasarkan suatu sistem yang memenuhi persyaratan. Untuk mendukung pengelolaan arsip dinamis yang efektif dan efisiensi pencipta arsip membuat klasifikasi arsip, tata naskah dinas, sistem klasifikasi keamanan dan akses arsip, serta jadwal retensi arsip.

Kearsipan adalah semua kegiatan pengurusan arsip dari kegiatan penciptaan arsip, penyimpanan (Filling) dan penemuan kembali (Finding), penyelamatan arsip (pengamanan, pemeliharaan, dan perawatan) serta penyusutan arsip (pemindahan, pemusnahan, penyerahan). Kemudian Filling Sistem merupakan suatu rangkaian kerja yang teratur dan dapat dijadikan pedoman untuk penyimpanan arsip sehingga saat diperlukan dapat ditemukan kembali dengan cepat dan tepat.

 

Sebagai informasi, PPSDMA mengadakan dua metode pelatihan, yaitu pelatihan secara luring dan daring untuk mengembangkan kompetensi para pegawai KESDM. 

Lainnya

image
OHU GESITS

Jakarta, Rabu (15/11) PPSDM Aparatur kembali mengadakan Kegiatan One Hour University (OHU) dengan Tema "Motor Listrik GESITS Inovasi Karya Anak Bangsa"

  • Rabu, 15 November 2017