KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDM Aparatur Gelar Pelatihan Sistem Pengawasan Internal untuk Badan Layanan Umum

  • Senin, 28 Oktober 2019
top news image

(28/10/19) PPSDM Aparatur dalam kapasitasnya sebagai unit yang melaksanakan pengembangan kompetensi aparatur menggelar pelatihan Sistem Pengawasan Internal untuk Badan Layanan Umum (BLU). Pelatihan yang diikuti 20 orang peserta dari BPSDM dan Balitbang KESDM berlangsung selama lima hari mulai hari ini Senin (28/10) hingga 1 November 2019. Materi-materi yang diberikan mencakup: konsep dasar pengelolaan keuangan BLU, rencana bisnis dan anggaran BLU, manajemen keuangan BLU, pelaksanaan anggaran BLU, akuntansi dan pelaporan keuangan BLU, pengelolaan aset BLU, sistem pengawasan internal, siklus pemeriksaan SPI dan benchmarking. 

Dalam sambutannya, Kepala PPSDM Aparatur menyampaikan pimpinan lembaga wajib melakukan pengendalian atas kegiatan penyelenggaraan pemerintah agar berjalan dengan efektif, transparan dan akuntabel.

“Sesuai dengan PP No. 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Internal Pemerintah, dalam Pasal 1 disebutkan bahwa pimpinan lembaga wajib menjalankan pengendalian atas kegiatan penyelenggaraan pemerintah supaya berjalan dengan efektif, transparan dan akuntable,” ujar pria asli Semarang tersebut.

Ia juga menambahkan sistem pengawasan internal ini bertujuan untuk tercapainya efektifitas dan efisiensi BLU, keandalan pelaporan keuangan dan kinerja BLU, pengamanan aset BLU dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan.

“Sistem pengawasan internal bertujuan untuk tercapainya efektifitas dan efisiensi BLU, keandalan pelaporan keuangan dan kinerja BLU, pengamanan aset BLU dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan,”  pungkasnya.

Pria penggemar masakan ikan ini berharap kegiatan pelatihan ini dapat diikuti oleh seluruh peserta dengan sebaik-baiknya. (DA)