KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PENUTUPAN PELATIHAN PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS DAN FILLING SYSTEM KEMENTERIAN ESDM ANGKATAN III

  • Senin, 13 Juni 2022
top news image

Pelatihan Pengelolaan Arsip Dinamis dan Filling System Kementerian ESDM Angkatan III yang dilaksanakan dari tanggal 6 - 9 Juni 2022 telah resmi ditutup oleh Kepala PPSDM Aparatur, Susetyo Edi Prabowo. Pelatihan yang  diikuti oleh 43 orang Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral tersebut dilaksanakan dengan metode pelaksanaan Distance Learning dan difasilitasi para pengajar dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).


Dalam sambutannya di acara penutupan pelatihan, Kepala PPSDM Aparatur, Susetyo Edi Prabowo menyampaikan pesan kepada para peserta.


Tuntutan terhadap terwujudnya tertib administrasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta peningkatan pelayanan publik melalui system penyelenggaraan kearsipan yang komprehensif dan terpadu, meliputi pengelolaan arsip dinamis yang berfungsi menjamin ketersediaan arsip yang autentik, utuh dan terpercaya. Maka untuk mendukung pengelolaan arsip dinamis yang efektif dan efisien, pencipta arsip perlu membuat Tata Naskah Dinas, Klasifikasi Arsip, Jadwal Retensi Arsip dan Sistem Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip yang disusun sebagai dasar untuk melindungi hak dan kewajiban pencipta arsip dan publik terhadap akses arsip.”


Setelah mengikuti diklat ini berharap menghasilkan tenaga Arsiparis yang kompeten dan memahami pengelolaan arsip. baik secara manual, maupun secara elektronik.