KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PEMBUKAAN PELATIHAN ANALISIS KEBIJAKAN PUBLIK ANGKATAN 6, DASAR MANAJEMEN RISIKO ANGKATAN 6, DAN EFFECTIVE INTERPERSONAL SKILL IN BUSINESS COMMUNICATION ANGKATAN 6

  • Senin, 11 September 2023
top news image

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur mengadakan pembukaan beberapa pelatihan pada tanggal 11 September 2023. Pelatihan tersebut antara lain Analisis Kebijakan Publik Angkatan 6, Dasar Manajemen Risiko Angkatan 6, dan Effective Interpersonal Skill in Business Communication Angkatan 6. Pembukaan dilaksanakan dengan penyampaian sambutan oleh Koordinator Penyelenggaraan Diklat dan Pengelolaan Sarana Prasarana.

Dalam Pelatihan Analisis Kebijakan Publik materi yang disampaikan terkait dengan substansi kebijakan publik, metode dan teknik melakukan riset kebijakan publik, teknik dan Analisis Kebijakan Publik, dan dokumentasi saran kebijakan komunikasi organisasi yang efektif. Pengajar untuk pelatihan kali ini berasal dari Pusaka LAN RI.

     Tujuan dari pelatihan ini adalah meningkatkan kemampuan peserta dalam melakukan analisis kebijakan publik terutama yang terkait dengan pembangunan sektor ESDM, meningkatkan kemampuan peserta dalam perumusan kebijakan publik yang didasari berbagai perangkat analisis kebijakan, dan meningkatkan kompetensi jabatan pelaksana yang berkaitan dengan penyusunan kebijakan publik.

        Pelatihan Dasar Manajemen Risiko bertujuan agar para peserta mampu untuk melaksanakan pengelolaan dan pengendalian risiko di unit kerjanya masing-masing dengan sasaran terciptanya aparatur pemerintahan yang mampu melaksanakan pengelolaan dan pengendalian risiko di unit kerjanya masing-masing. Dengan diketahui risiko yang mungkin terjadi maka dapat disusun rencana untuk meminimalisir dampak dari terjadinya risiko tersebut.

Dalam pelatihan ini materi yang diajarkan meliputi konsep dasar risiko dan manajemen risiko, kerangka kerja manajemen risiko, proses manajemen risiko, dan teknik penilaian risiko. Materi-materi tersebut disampaikan oleh para Widyaiswara dari PPSDM Aparatur.

Pelatihan Effective Interpersonal Skill in Business Communication dilaksanakan agar peserta mampu melakukan komunikasi bisnis dan membangun hubungan dengan pihak lain secara efektif sesuai dengan tugas atau jabatannya. Dengan komunikasi yang baik maka akan terjalin kerja sama yang bai kantar berbagai pihak dan meminimalisir terjadinya miskomunikasi yang dapat memberikan dampak buruk bagi organisasi.

Dalam pelatihan ini materi yang diajarkan meliputi teknik komunikasi, etika kerja dan implementasi menuju budaya kerja profesional, etika berkomunikasi dalam tim, komunikasi dalam manajemen konflik dan negosiasi yang efektif, Everyone communicates few connect, dan komunikasi organisasi yang efektif. Selain itu juga dilaksanakan praktek untuk menerapkan Effective Interpersional Skills in Business Communication melalui permainan atau bermain peran (role play)