KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Pelayanan Prima Harus Dimiliki Para Aparatur

  • Senin, 10 Mei 2021
top news image

Pelayanan prima adalah sesuatu hal yang harus dimiliki oleh setiap aparatur KESDM dalam melayani para stakeholdersnya dengan prima. Untuk itu PPSDMA kembali mengadakan Pelatihan Pelayanan Prima mulai hari ini Senin 10, 11 dan 21 Mei 2021secara daring. Kegiatan yang difasilitasi oleh para widyaiswara PPSDM Aparatur diiikuti 20 orang pe gawai di lingkungan Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi. Tujuan dari pelatihan ini adalah agar para pegawai mampu menerapkan prinsip pelayanan prima dengan baik dan benar.

Kepala PPSDMA, Susetyo Edi Prabowo, dalam sambutannya menyatakan pelayanan publik yang profesional dan berkualitas sudah menjadi keharusan dalam pelayanan publik di semua tingkatan baik di pemerintahan pusat dan daerah. “Pelayanan publik yang profesional dan berkualitas sudah menjadi tuntutan dalam pelayanan publik yang ada di semua tingkatan baik yang berada di pemerintahan pusat maupun daerah,” ujarnya.

Ia pun menambahkan untuk memberikan pelayanan publik yang prima maka harus diiiringi dengan perubahan pola pikir terlebih dahulu.” Untuk memberikan pelayanan publik yang prima kepada publik harus dimulai dengan perubahan pola pikir para aparatur terlebih dahulu dengan berorientasi kepada kebutuhan masyarakat,” ungkapnya.

Pelatihan pelayanan prima mencakup materi : Pengantar Pelayanan Publik di PSDMBP, Overview Pelayanan Prima, Coaching – Mentoring, Presentasi dan Diskusi.

Pelatihan-pelatihan/bimtek secara daring (online) di lingkungan PPSDMA menggunakan 2 aplikasi : SMILE (Smart Way in Learning) untuk mengakses modul pembelajaran dan aplikasi video conference (zoom) untuk pertemuan tatap muka. SMILE adalah aplikasi pembelajaran yang menggunakan metode blended learning system dan dapat diakses di mana saja, kapan saja dan dengan piranti apa saja.