KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



OHU Inspiration ke-11 Undang Billy Mambrasar, Staf Khusus Presiden Jokowi

  • Kamis, 10 September 2020
top news image


(10/09) Untuk ke-11 kalinya di tahun 2020 Badan Pengembangan SDM (BPSDM) ESDM melalui PPSDM Aparatur menggelar OHU Inspiration dengan mengundang Staf Khusus Presiden Jokowi hari ini Kamis (10/09) sebagai narasumber, Billy Mambrasar. Kegiatan yang melalui aplikasi zoom dan saluran Youtube PPSDMA mengangkat tema “Millenial Speak Up: Leadership in Disruption Era”.

Kepala Pusat PPSDMA Susetyo Edi Prabowo dalam sambutannya menyatakan generasi milenial yang merupakan komposisi penduduk terbesar di Indonesia memegang peranan penting dalam sektor pemerintahan dan sektor bisnis dalam membangun bangsa. “Komposisi penduduk terbesar di negara ini adalah para generasi millennial dan mereka memegang peranan penting dalam sektor pemerintahan dan bisnis dalam menggerakan roda perekonomian bangsa,” ujarnya.

Ia juga menyatakan pemerintah bersama masyarakat dan stakeholders harus dapat cepat beradaptasi dengan perubahan di era disrupsi sekarang ini. “Di era disrupsi sekarang ini, pemerintah bersama dengan masyarakat dan juga stakeholders harus cepat menyesuaikan diri dengan perubahan-perubahan yang begitu cepat,” imbuh pria asli Semarang ini.

Billy Mambrasar dalam paparannya menyatakan para ASN harus dapat menyeimbangkan kehidupan (balance of life) antara kehidupan pribadi, masyarakat dan bangsa. “Teman-teman jangan hanya sibuk jadi pegawai tapi harus bisa menyeimbangkan kehidupan agar menemukan the meaning of life,” imbuhnya.

Pria asli Papua ini juga menjelaskan pekerjaan apapun yang ditugaskan harus bisa dilaksanakan dengan fokus dan sebaik-baiknya. “Apapun pekerjaan yang ditugaskan, walaupun kita setengah-tengah,  kita harus mengerjakan dengan fokus dan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Ia juga menambahkan krisis apapun jangan menghambat seseorang untuk melaksanakan dan mengejar setiap rencana yang sudah dibuat. “Krisis apapun dalam kehidupan pribadi masing-masing jangan sampai menghambat rencana-rencana seseorang, dan kita jangan sampai baper,” imbuhnya.

Selain itu, ia menyatakan Indonesia butuh generasi muda yang optimis, bekerja keras, prestatif dan produktif untuk memajukan bangsa. “Saya sekali lagi tekankan bahwa Indonesia butuh generasi muda yang optimis, bekerja keras dan prestatif dan tetap produktif untuk membangun bangsa ini,” tegasnya.

Tambahan lagi, faktor dalam membangun bangsa menurutnya adalah modal sumber daya manusia.”Sejatinya nafas pembangun sebuah negara adalah sumber daya manusianya,” ujarnya.

Ia juga menegaskan kreativitas, inovasi dan pemecahan masalah adalah tiga aspek yang sangat dibutuhkan oleh bangsa kita sekarang ini dalam menghadapi krsis. “Tiga aspek penting yang sangat dibutuhkan bangsa ini dalam menghadapi krisis adalah kreativitas, inovasi dan pemecahan masalah,” ujarnya.

Di ujung acara ia menegaskan kepemimpinan itu adalah ditujukan untuk melayani orang lain. ”Kepemimpinan menurut saya adalah kepemimpinan untuk melayani orang lain (serving others),” imbuhnya.

Sesudah paparan, kegiatan OHU diisi dengan sesi tanya jawab dan pembagian hadiah kuis dan doorprize dari panitia untuk para peserta. (DA)


Lainnya

image
Training Online “Excellent MC and Moderator Skills”.

Training Online “Excellent MC and Moderator Skills”.

  • Selasa, 30 Juni 2020
image
Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III di Lingkungan KESDM

Jakarta - Menteri ESDM Ignasius Jonan memberikan arahan pada acara Pembukaan Diklat Kepemimpinan Tingkat III hari Senin (5/3) di Gd. Sekreatriat Jenderal KESDM

  • Senin, 05 Maret 2018