KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Pelatihan Pengelolaan BMN Angkatan II Bandung, 17 Oktober 2022

  • Senin, 17 Oktober 2022
top news image

Senin, 17 Oktober 2022, Pelatihan Pengelolaan BMN Angkatan II resmi dibuka oleh Kepala Pusat Pengembangan SDM Aparatur, Bambang Utoro. Pelatihan Pengelolaan BMN angkatan II ini diselenggarakan pada tanggal 17 s.d. 21 Oktober 2022 di Badan Pengembangan SDM ESDM, Jakarta. Difasilitasi oleh para pengajar dari Pusdiklat Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang Bandung, pelatihan ini dihadiri oleh peserta sebanyak 29 orang ASN KESDM.


Materi pelatihan yang diajarkan adalah: Konsep Dasar Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN), Perencanaan Kebutuhan, Penganggaran dan Pengadaan BMN, Penatausahaan dan Penggunaan BMN, Pengamanan dan Pemeliharaan BMN, Pemanfaatan BMN, Pemindahtanganan dan Penilaian BMN, Pemusnahan dan Penghapusan BMN, serta Pembinaan, Pengawasan dan Pengendalian BMN.


Bambang Utoro menyampaikan dalam sambutannya, bahwa setelah mengikuti Pelatihan Pengelolaan BMN Angkatan II, diharapkan semua Barang Milik Negara tercatat dengan baik, Semua aktivitas dalam rangka pengelolaan BMN dapat dilakukan dengan berdasarkan asas fungsional, kepastian hukum, transparansi dan keterbukaan, efesiensi, akuntabilitas, serta kepastian nilai. 


Sasaran pelatihan ini adalah terciptanya SDM yang cakap sebagai pengelola Barang Milik Negara dan pejabat fungsional umum (Analis SDM Aparatur Pertama/Pranata SDM Aparatur) di setiap unit kerja Kementerian ESDM yang mampu memahami pengelolaan Barang Milik Negara sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.