Aktivitas Seru Sabtu Minggu bersama Wamen WESDM
Bandung (2/2/2019) PPSDM Aparatur menyelenggarakan Pelatihan Design Thinking Bootcamp dan Coaching pada tanggal 2 – 3
Februari 2019 bertempat di Sheraton Hotel, Jalan Ir. H. Juanda No. 390 Bandung.
Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar yang menjadi
narasumber dalam pelatihan ini. Peserta yang hadir terdiri dari Eselon I dan II di lingkungan Kementerian ESDM serta
stakeholder sektor ESDM. Stakeholder yang hadir berasal dari PT. Conoco Philips
Indonesia Inc Ltd., PT. Aneka Tambang (Persero) Tbk, PT. Geo Dipa Energi
(Persero), PT. Supreme Energy, PT. Indonesia Power, PT. Cirebon Electric Power,
Medco Energi International, PLN Persero, Perhimpunan Ahli Pertambangan
Indonesia (PERHAPI), Ikatan Ahli Geologi Indonesia (IAGI), Masyarakat
Kelistrikan Indonesia (MKI).
Wamen
melakukan coaching dengan dibantu tim memberikan kesempatan untuk mengeluarkan
pendapat terutama stakeholder. The most experience. Peserta ESDM diajak untuk
berpikiran rileks, nikmati, ikutin prosesnya santai tapi serius. Untuk
stakeholder diminta untuk aktif . Sehingga bootcamp ini bisa untuk explore,
banyak belajar dari kreatifitas berpikir langsung dan memunculkan
inovasi-inovasi baik dalam bentuk keputusan dan kebijakan.
Apa
design thinking ? salah satu metode penyelesaian
masalah yang berfokus pada klien atau stakeholder. Dengan metodologi
inilah lahirnya
inovasi-inovasi baru. Peserta dibagi menjadi 6 group, yang masing-masing group terdapat
stakeholder. Tahapan yang dilakukan yaitu Pertama, Belajar
untuk empati
dengan cara wawancara user. User
dalam hal ini adalah Stakeholder
menyampaikan apa yang dirasakan, mengungkapkan semua pengalaman yang pernah
terjadi selama berhubungan dengan ESDM. Pihak SDM bisa merasakan apa yang
dirasakan stakeholder dan dites empatinya. Siapa yang mencatat, siapa yang
follow up question. Kita uji kesabaran user,
Kemudian emosinya sepertinya apa. Dalam wawancara yang harus diperhatikan
adalah hanya boleh follow up question, perhatikan emosi body language serta
Harus selalu menggali lebih dalam. Kedua, Point
of View, ketiga
Ideation, keempat membuat dan memvisualisasikan
Prototype dan kelima, uji coba prototype. Selanjutnya masing-masing
Group mempresentasikan hasil diskusi.
Kegiatan ini
merupakan “Curhat Terstruktur” untuk menggali ide-ide briliant sehingga bisa
menjadi suatu inovasi. Saran peserta sebaiknya pelatihan ini juga diberikan
untuk eselon III dan IV. Sehingga kita
tahu Bagaimana untuk mencari ide-ide, implementasi ada di pimpinan, open main
terbuka dengan user kita dalam pengambilan keputusan dan kebijakan. Belajar untuk meningkatkan pelayanan kita
kepada stakeholder. Sehingga pola pemikiran bisa sama antara ESDM dan
stakeholder. Pesan yang disampaikan oleh wamen diakhir acara adalah tidak ada
lagi komplen diluaran dari stakeholder dengan diumpamakan seperti restoran
padang “kalau nggak enak sampaikan ke pemilik, kalau enak sampaikan keluar”,
ujar Arcandra sambil bercanda. (JP)
#ImprovementEveryday
Webinar One Hour University "