KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Pelatihan Pengelolaan Arsip Dinamis dan Filling System KESDM Angkatan VII

  • Senin, 03 Oktober 2022
top news image

Pengelolaan arsip dinamis dilaksanakan untuk menjamin ketersediaan arsip dalam penyelenggaraan kegiatan sebagai bahan akuntabilitas kinerja dan alat bukti yang sah. Oleh karena itu arsip dinamis harus dikelola dengan baik dan sistematis. Pengelolaan arsip dinamis  merupakan proses pengendalian arsip secara efisien, efektif dan sistematis yaitu meliputi penciptaan, penggunaan, pemeliharaan dan penyusutan arsip.


untuk mendukung terwujudnya tertib administrasi penyelenggaraan pemerintahan dan peningkatan pelayanan publik melalui system penyelenggaraan kearsipan yang komprehensif dan terpadu serta menjamin tersedianya arsip yang asli, utuh, dan terpercaya. PPSDM Aparatur menyelenggarakan kembali Pelatihan Pengelolaan Arsip Dinamis dan Filling System KESDM Angkatan VII yang diikuti oleh Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang akan dilaksanakan selama 4 (empat) hari dari tanggal 03 - 06 Oktober 2022 di Jakarta (Kantor BPSDM ESDM)


Pelatihan Pengelolaan Arsip Dinamis dan Filling System KESDM Angkatan VII dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi e-Learning SMILE PPSDM Aparatur dan difasilitasi para pengajar dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Setelah mengikuti Pelatihan ini peserta diharapkan mampu menjelaskan kebijakan kearsipan, mengelola instrumen Arsip Dinamis meliputi Penciptaan Arsip, Arsip Aktif, Arsip Vital, Arsip Terjaga, Alih Media Arsip, Arsip Inaktif, Penyusutan Arsip dan Pengelolaan Arsip Elektronik.