KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Angkatan 2 Kembali Diadakan di PPSDMA

  • Senin, 22 Maret 2021
top news image

Pelatihan KTI Angkatan II kembali diadakan PPSDMA mulai hari ini Senin 22 – 30 Maret secara daring. Pelatihan ini bertujuan untuk membekali kemampuan penulisan karya tulis ilmiah dan KTI populer kepada 29 orang pegawai di lingkungan KESDM.

M. Adis, Koordinator Pelatihan dan Sarpras, yang mewakili Kepala PPSDM Aparatur dalam sambutannya menyatakan para pegawai di lingkungan KESDM harus memiliki kemampuan menulis KTI dan KTI popular untuk membantu tugas dan pekerjaan dan juga untuk mengkomunikasikan pikirannnya ke dalam sebuah tulisan. “Kemampuan menulis KTI dan KTI secara popular harus dimiliki oleh aparatur KESDM untuk menunjang karir dan juga untuk mengkomunikasikan pikiran dan ide para pegawai ke dalam sebuah tulisan,” imbuhnya.


Pelatihan yang  bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran dan Balai Bahasa Jawa Barat  mencakup materi-materi: Ide dan topik menulis KTI, Kerangka KTI, Metodologi Penelitian, Teknik Menulis KTI, Teknik menulis KTI Populer. Ejaan Bahasa Indonesia dan Tata Bahassa, dan Proses Pasca Penulisan.

Pelatihan-pelatihan/bimtek secara daring (online) di lingkungan PPSDMA menggunakan 2 aplikasi : SMILE (Smart Way in Learning) untuk mengakses modul pembelajaran dan aplikasi video conference (zoom) untuk pertemuan tatap muka. SMILE adalah aplikasi pembelajaran yang menggunakan metode blended learning system dan dapat diakses di mana saja, kapan saja dan dengan piranti apa saja.