KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PELATIHAN DASAR PENGELOLAAN KEUANGAN SATUAN KERJA PEMERINTAH PUSAT ANGKATAN II

  • Selasa, 21 Juni 2022
top news image

Penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, adil, transparan, dan akuntabilitas, mengharuskan pemerintah untuk mampu menyikapi dengan serius dan sistematis dalam menjamin pendistribusian dana yang merata pada semua sektor publik sehingga efektivitas dan efisiensi penggunaan dana dapat dipertanggungjawabkan. 


Guna meningkatkan kompetensi dalam pengelolaan keuangan, PPSDM Aparatur mengadakan Pelatihan Dasar Pengelolaan Keuangan Satuan Kerja Pemerintah Pusat Angkatan II yang diikuti oleh 40 orang Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang akan dilaksanakan dari tanggal 20 - 24 Juni 2022.


Kepala Pusat PPSDM Aparatur, A. Susetyo Edi Prabowo dalam sambutan pembukaan Pelatihan, berharap peserta mampu menguraikan tentang pengelolaan keuangan satuan kerja pemerintah pusat meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan anggaran sesuai dengan peraturan yang berlaku.


Adapun materi-materi yang akan diajarkan mencakup : Perencanaan dan Penganggaran, Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, Mekanisme Pendapatan dan Belanja Satker, Akuntansi dan Pelaporan Keuangan, dan Overview Aplikasi Pengelolaan Keuangan Satker.


Pelatihan Dasar Pengelolaan Keuangan Satuan Kerja Pemerintah Pusat Angkatan II dilaksanakan dengan metode Distance Learning dan difasilitasi para pengajar dari Balai Diklat Keuangan Cimahi dan Widyaiswara dari PPSDM Aparatur.