KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Para Instruktur Perlu Dibekali Kompetensi Khusus

  • Kamis, 03 Juni 2021
top news image

Mampu merencanakan penyajian materi pembelajaran berdasarkan standar acuan tertentu merupakan syarat mutlak kompetensi yang harus dikuasai para instruktur. Oleh karena itu PPSDM Aparatur yang bertugas dalam pengembangan kompetensi di bidang kepemimpinan, manajemen dan administrasi mengadakan Pelatihan Metodologi Instruktur Level 3 secara daring (online). Pelatihan secara daring ini diikuti 12 orang peserta dari tanggal 31 Mei – 10 Juni 2021, yang difasilitasi para pengajar dari Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja (BBPLK) Serang dan Bekasi. . Pelatihan ini bertujuan agar para peserta mampu merencanakan penyajian materi pembelajaran berdasarkan standar acuan yang dipakai dalam lingkungan tertentu dan mampu melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan situasi dan peraturan yang berlaku

M. Adis yang mewakili Kepala PPSDMA menyatakan seorang instruktur memiliki tugas, tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh untuk melaksanakan kegiatan pelatihan dan pembelajaran kepada peserta pelatihan.

Adis juga menyatakan pelatihan adalah proses pendidikan yang berguna untuk mempertaham keterampilan, konsep, perubahan sikap dan mendapatkan pengetahuan untuk meningkatkan kinerja pegawai. .

Ia juga menyatakan pelatihan pegawai yang baik dan efisien membantu pengembangan keterampilan, sikap dan pengetahuan yang akhirnya berdampak pada kemajuan organisasi atau lembaga.

Perlu diketahui, selama masa pandemi Covid-19 yang belum usai, PPSDM Aparatur telah menyelenggarakan berbagai pelatihan dan bimtek untuk para aparatur KESDM secara daring/virtual.   Pelatihan/bimtek yang diadakan menggunakan dua media : Aplikasi Smile PPSDM Aparatur untuk mengakses materi/modul pembelajaran dan zoom meeting untuk pembelajaran tatap muka.