KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Aparatur KESDM Harus Kuasai Keterampilan Berfikir Analitis dan Pemecahan Masalah

  • Rabu, 26 Mei 2021
top news image

Kemampuan berfikir analitis dan memecahkan masalah secara kreatif harus dikuasai oleh para aparatur KESDM dalam menunjang tugas sehari-hari. Oleh karena itu PPSDM Aparatur yang bertugas dalam pengembangan kompetensi di bidang kepemimpinan, manajemen dan administrasi mengadakan Pelatihan Analytical Thinking and Creative Problem Solving secara daring (online). Pelatihan secara daring ini diikuti 30 orang peserta dari tanggal 24 April – 31 Mei 2021, yang difasilitasi para widyaiswara PPSDMA. Pelatihan ini bertujuan agar para peserta dapat meningkatkan keterampilan berfikir analitis untuk dapat memecahkan masalah secara kreatif yang berdampak pada meningkatkan kinerja individu.

Kepala PPSDMA dalam sambutannya menyatakan perubahan-perubahan begitu cepat terjadi di berbagai aspek kehidupan dan ini menuntut kemampuan berfikir analitis dan pemecahan masalah secara kreatif dalam menghadapi berbagai masalah yang berkembang.

Ia juga berharap pelatihan ini dapat membekali peserta tentang cara pengumpulan dan analisis data secara statistik dan kemampuan berfikir yang jernih serta fokus pada masalah-masalah yang dihadapi.

Perlu diketahui, selama masa pandemi Covid-19 yang belum usai, PPSDM Aparatur telah menyelenggarakan berbagai pelatihan dan bimtek untuk para aparatur KESDM secara daring/virtual.   Pelatihan/bimtek yang diadakan menggunakan dua media : Aplikasi Smile PPSDM Aparatur untuk mengakses materi pembelajaran dan zoom meeting untuk pembelajaran tatap muka.