KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Apa yang Dibutuhkan untuk Menjadi Arsiparis Tangguh?

  • Jumat, 06 Agustus 2021
top news image


Pengelolaan arsip secara baik terkadang kurang diperhatikan oleh  pihak manajemen. Pekerjaan ini sering dwanggap sepele, padahal besar kepentingannya untuk organisasi. 


Saat arsip dikelola, diperlukan kompetensi-kompetensi khusus untuk bisa memenuhi standar yang berlaku. Sehingga, seorang arsiparis memang harus terus meningkatkan kompetensinya, baik melalui pelatihan maupun menambah jam terbang.


Menyikapi hal tersebut, PPSDM Aparatur bekerja sama dengan Lembaga Arsip Nasional (ANRI) mengadakan pelatihan Pengelolaan Arsip Dinamis  Angkatan I, yang digelar tanggal 3-6 Agustus 2021. 


Acara ini dibuka oleh Kepala PPSDM Aparatur, A. Susetyo Edi Prabowo. Dalam sambutannya, beliau menegaskan bahwa arsip dinamis harus dikelola dengan baik dan sistematis.


“Arsip dinamis merupakan rekaman informasi yang masih digunakan sebagai berkas kerja dalam pelaksanaan tugas dan fungsi organisasi. Oleh karena itu arsip dinamis harus dikelola dengan baik dan sistematis,” jelas A. Susetyo Edi Prabowo.


Pelatihan ini dijalankan dengan metode distance learning menggunakan aplikasi e-Learning SMILE dan Zoom Meeting. Materi yang diajarkan di antaranya Kebijakan Kearsipan Nasional, Pengelola Arsip Dinamis, Instrumen Pengelolaan Arsip, Teori dan Praktek Pemberkasan Arsip, Menyusun Daftar Berkas, dan masih banyak lagi.


Kegiatan ini diikuti oleh 20 orang ASN dari lingkungan KESDM. Diharapkan, setelah mengikuti diklat ini, peserta mampu mengimplementasikan Pengelolaan Arsip Dinamis dengan tujuan untuk memudahkan dalam pencarian arsip, memberikan keseragaman dan konsistensi prosedur pengelolaan arsip, menciptakan efisiensi waktu dan biaya, mengurangai kesalahan dalam pelaksanaan pengelolaan arsip, serta tersedianya ASN KESDM yang memiliki kompetensi dalam Pengelolaan Arsip yang berada di unit kerja masing-masing.