KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Mendorong Performa Arsiparis Melalui Pelatihan Daring

  • Sabtu, 28 Agustus 2021
top news image


Apa tugas seorang arsiparis?

Dalam Pelatihan Pengelolaan Arsip Dinamis yang digelar oleh PPSDM Aparatur tanggal 23-26 Agustus 2021 lalu, profesi ini memiliki empat tugas utama, yaitu Pengelolaan Arsip Dinamis, Pengelolaan Arsip Statis, Pengolahan dan Penyajian Arsip Menjadi Informasi, dan Pembinaan Kearsipan.

Asal tahu saja, informasi menarik ini hanyalah segelintir dari sekian banyak informasi penting yang didapatkan oleh ASN yang mengikuti pelatihan Batch II di tahun 2021 ini. Selebihnya, banyak informasi seru lainnya yang bisa dijadikan bekal oleh 20 peserta yang datang dari berbagai unit kerja di lingkungan Kementerian ESDM.

……. yang bertugas mewakili Kepala PPSDM Aparatur dalam sambutannya mengatakan, Pengelolaan Arsip Dinamis merupakan proses pengendalian arsip secara efisien, efektif, dan lengkap meliputi penciptaan, penggunaan dan pemeliharaan, serta penyusutan arsip.

Sebagai fasilitator pelatihan ini, PPSDM Aparatur melibatkan narasumber dari Lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Pelatihan dijalankan secara daring melalui aplikasi Zoom Meting dan Aplikasi e-Learning SMILE PPSDM Aparatur.

Harapannya, setelah mengikuti diklat ini peserta mampu mengimplementasikan Pengelolaan Arsip Dinamis dengan tujuan untuk memudahkan dalam pencarian arsip, memberikan keseragaman dan konsistensi prosedur pengelolaan arsip, menciptakan efisiensi waktu dan biaya, mengurangai kesalahan dalam pelaksanaan pengelolaan arsip, serta tersedianya ASN KESDM yang memiliki kompetensi dalam Pengelolaan Arsip yang berada di unit kerja masing-masing.