KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS DI PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR, BADAN PENGEMBANGAN SDM KEMENTERIAN ESDM)

  • Rabu, 16 Mei 2018
top news image

PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN SITUASIONAL

TERHADAP KINERJA PEGAWAI (STUDI KASUS DI PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR, BADAN PENGEMBANGAN SDM KEMENTERIAN ESDM)

 

 

Disusun Oleh :

Roni Rahmat Nugraha

 

 

Penelitian ini dilakukan pada Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur (PPSDMA) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral yang berlokasi di Jalan Cisitu Lama, Bandung, Jawa Barat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan situasional terhadap kinerja pegawai. Adapun populasi yang dijadikan sampel berjumlah 31 responden. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode statistik yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan melakukan uji asumsi klasik.Salah satunya dengan melakukan pengujian Nilai R square untuk melihat koefisien determinasi. Uji T digunakan untuk mengetahui apakah secara parsial atau sendiri-sendiri variabel Gaya kepemimpinan situasional berpengaruh terhadap Variabel kinerja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan variabel Gaya kepemimpinan situasional berpengaruh terhadap Variabel kinerja, hal itu dapat terlihatdengan tingkat signifikandari variabel gaya kepemimpinan situasional (coaching dan delegating) 0.000< 0.05. Dari hasil penelitian juga diperoleh koefisien determinasi atauadjusted r square dengan nilai 0,845 atau 84,50% yang berart iterdapat pengaruh variabel kepemimpinan situasional terhadap variabel kinerja sebesar 84,5% sedangkan 15,5% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

 

 

Kata Kunci :Gaya Kepemimpinan Situasional, Kinerja