KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



ANALISIS INDEKS KEPUASAN PESERTA PELATIHAN TEKNIS PELAKSANA I TERHADAP PELAYANAN PENYELENGGARAAN PELATIHAN DI PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (PPSDMA)

  • Rabu, 16 Mei 2018
top news image

ANALISIS INDEKS KEPUASAN PESERTA PELATIHAN TEKNIS PELAKSANA I TERHADAP PELAYANAN PENYELENGGARAAN PELATIHAN DI PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA (PPSDMA)

 

Oleh :

Adang Saputra *)

*)Pusat Pengembangan Sumber Daya Mineral

 

 

 

Abstrak

 

Penelitian  ini  bertujuan  untuk  mengetahui  Indeks  Kepuasan  dan tingkat kepuasan Peserta Pelatihan Teknis Pelaksana I terhadap pelayanan penyelenggaraan diklat di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDMA), Badan Pengembangan Sumber Daya Manusian (BPSDM), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (KESDM). Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah untuk membandingkan pelayanan Pelatihan  di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDMA) KESDM antara realita dengan harapan masyarakat yang diukur dengan 16 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 73 responden dari perserta Pelatihan Teknis Pelaksana I. Jenis data  yang  digunakan  adalah  data  primer  yang  dilakukan  melalui  wawancara  dan penyebaran kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat. Dari hasil analisis Indeks Kepuasan Peserta Pelatihan Teknis Pelaksana I, diperoleh Nilai Indeks sebesar 3,19 dan Nilai konversi IKM sebesar 79,74. Hal ini berarti bahwa mutu pelayanan yang dilakukan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDMA) KESDM termasuk dalam kategori B, sehingga kinerja pelayanannya dapat dikatakan baik. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan Pelatihan Teknis Pelaksana I yang diberikan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDMA) KESDM yang diukur dengan indikator indeks Peserta Pelatihan Teknis Pelaksana I telah dilaksanakan dengan baik.

 

Kata Kunci  Indeks Kepuasan Masyarakat, Pelayanan, Kinerja