ANALISIS INDEKS KEPUASAN PESERTA PELATIHAN TEKNIS PELAKSANA I TERHADAP PELAYANAN PENYELENGGARAAN
PELATIHAN DI PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA
MANUSIA (PPSDMA)
Oleh :
Adang Saputra *)
*)Pusat Pengembangan Sumber Daya
Mineral
Abstrak
Penelitian
ini bertujuan untuk mengetahui
Indeks
Kepuasan
dan
tingkat kepuasan Peserta Pelatihan Teknis Pelaksana I terhadap pelayanan
penyelenggaraan diklat di Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDMA),
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusian (BPSDM), Kementerian Energi dan Sumber
Daya Mineral (KESDM). Kerangka pemikiran dalam penelitian ini adalah
untuk membandingkan pelayanan
Pelatihan di Pusat
Pengembangan Sumber Daya Manusia (PPSDMA) KESDM antara realita dengan harapan masyarakat yang
diukur dengan 16 indikator Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM). Sampel dalam
penelitian ini adalah sebanyak 73 responden dari perserta
Pelatihan Teknis Pelaksana I.
Jenis data yang digunakan adalah data primer
yang
dilakukan melalui wawancara dan penyebaran
kuesioner. Sedangkan metode analisis data menggunakan Uji Validitas, Uji Reliabilitas, dan Analisis Indeks Kepuasan Masyarakat. Dari hasil analisis Indeks Kepuasan Peserta Pelatihan Teknis
Pelaksana I, diperoleh Nilai
Indeks
sebesar 3,19 dan
Nilai konversi IKM sebesar 79,74. Hal ini berarti bahwa mutu pelayanan yang
dilakukan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia
(PPSDMA) KESDM termasuk dalam kategori B, sehingga kinerja pelayanannya dapat
dikatakan baik. Dengan demikian hasil penelitian menunjukkan
bahwa pelayanan Pelatihan
Teknis Pelaksana I yang diberikan oleh Pusat Pengembangan Sumber Daya
Manusia (PPSDMA) KESDM yang diukur dengan indikator
indeks Peserta Pelatihan Teknis Pelaksana I telah dilaksanakan dengan
baik.
Kata Kunci : Indeks
Kepuasan Masyarakat, Pelayanan,
Kinerja