KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Sri Mulyani: Revolusi Industri 4.0 Seharusnya Berlangsung di Seluruh Instansi Pemerintah

  • Kamis, 16 Mei 2019
top news image

 (16/05/19) Menteri Keuangan Republik Indonesia, Sri Mulyani, akhirnya dapat menghadiri kegiatan One-Hour University setelah beberapa kali diagendakan oleh KESDM untuk dapat menjadi narasumber terkait tema “Menghadapi Revolusi Industri 4.0”. Kegiatan tersebut digelar di Ruang Sarulla Kementerian ESDM Rabu siang (15/05) dan dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar.

Sri Mulyani di depan ratusan ASN KESDM, K/L lain dan beberapa awak media mengatakan perkembangan teknologi era revolusi industri 4.0 sudah seharusnya berlangsung di seluruh instansi pemerintah. Sebab, apabila institusi tidak melakukan perubahan dan masuk ke dalam industri 4.0 maka akan berdampak pada kemunduran suatu bangsa.

"Karena memang suatu negara, bangsa kita semua liat langsung betapa dunia ini berubah sangat cepat apakah itu makhluk, institusi, apabila tidak lakukan inovasi akan punah. Oleh karena itu kalau tidak mau punah maka harus berubah," ujar peraih penghargaan The Best Minister in The World lulusan Universitas Indonesia tersebut.

Ia juga menambahkan menyampaikan kemudahan berbisnis di Indonesia saat ini sudah dalam kondisi yang baik. Sebab, dalam kurun waktu 5 tahun kebelakang Indonesia sudah mampu melesat dan berada di peringkat 70-an. "Indonesia dari sisi perbaikan global competitivenes kita dan EoDB (Ease of Doing Business) meningkat luar biasa. World Bank keluarkan indeks kompetitif itu bagaimana negara menciptakan lingkungan untuk bisnis mudah untuk lancar," ungkapnya dengan penuh semangat.

 

Selain itu ia juga menambahkan antara KESDM dan Kemenkeu seharusnya ada sinergi yang baik untuk menjalankan kebijakan. Menurut Sri Mulyani, ini artinya sebagai satu negara dibutuhkan sinergi yang pas untuk menjalan kebijakan. "Akhirnya kan dilihat dibandingkan terus, Menteri ESDM ke mana, Menteri Keuangan maunya ke mana, sinergi ini sangat penting," tegasnya. (DA)