KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PROGRAM MAGANG ASN ESDM ANTAR ESELON 1 TAHUN 2024

  • Jumat, 02 Februari 2024
top news image

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia ESDM menggelar program magang Aparatur Sipil Negara antar eselon satu tahun 2024. Pembukaan kegiatan magang dilaksanakan pada jumat (02/02) di gedung Sekretariat Jenderal ESDM, Jakarta Pusat yang dibuka oleh Menteri ESDM yang diwakili oleh Dadan Kusdiana selaku sekretaris Jenderal ESDM dan dihadiri oleh Kepala BPSDM ESDM beserta para pimpinan Tinggi Pratama. Kegiatan ini merupakan sinergi dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur dan Biro Sumber Daya Manusia ESDM.

Dalam laporannya Kepala BPSDM ESDM, Prahoro Yulianto Nurtjahyo menyampaikan program magang ini salah satu untuk meningkatkan kompetensi pegawai dalam memahami sektor ESDM. “Sungguh sangat tidak masuk akal kalau orang KESDM tidak mengerti tentang ke-KESDM-annya” ungkapnya.  Lanjutnya lagi “ jadi ketika kita masuk rangkaian pertama kali kita akan masuk latsar, tahun pertama mengikuti TP, tahun keduanya harusnya sudah masuk magang antar eselon satu”.  

Sementara itu Dadang Kusdiana, Sekjen ESDM mengatakan kepada seluruh unit kerja yang menjadi lokus magang agar dapat menerima pegawai magang dengan baik dan mendukung penuh kegiatan ini, mohon pegawai kita yang akan melaksanakan magang dapat dibimbing dan diberikan ilmu serta pengalaman bermanfaat yang dapat diterapkan pada unit kerjanya untuk perkembangan Kementerian ESDM. Selain itu ada tiga hal yang selalu presiden sampaikan tentang birokrasi yang pertama simpel, cepat, dan berdampak.

Kegiatan Magang ini bertujuan agar Pegawai memahami dan memiliki pengalaman dalam bidang pekerjaan dalam rumpun yang sama, memperluas networking pegawai, dan memperoleh update regulasi/ kebijakan yang berlaku. Jumlah peserta magang sebanyak 50 orang peserta yang terdiri 45 PNS tahun 2020 dan 5 orang Pengamat Gunung Api yang merupakan perwakilan dari berbagai unit di lingkungan ESDM. Pelaksanaan magang berlangsung selama 39 hari kerja dengan beberapa rangkaian kegiatan yaitu, pembekalan peserta, On The Job Training and mentoring, dan seminar magang. Selama magang berlangsung akan terus dilakukan mentoring oleh Coach yang berasal dari Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Aparatur yang akan membimbing peserta. 

Program magang di KESDM sudah dilaksanakan sejak tahun 2018 sampai dengan tahun 2023 dengan jumlah peserta sebanyak 385 pegawai, dengan rincian 184 pegawai magang new hired, 80 Pejabat administrator dan pengawas, magang antar eselon satu 103 pegawai, magang fungsional 7 pegawai gunung api, serta 11 pegawai mengikuti magang Industri.