KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDMA Adakan 2 Pelatihan Secara Bersamaan

  • Senin, 13 Februari 2023
top news image

Dalam rangka terus meningkatkan kapasitas dan kompetensi para pegawai KESDM, PPSDM Aparatur mengadakan Pelatihan Pengenalan Contract Drafting Angkatan II dan Pelatihan Effective Writing Skills Angkatan II. Kedua pelatihan tersebut sangat dibutuhkan oleh para pegawai di lingkungan KESDM. Kedua pelatihan diadakan dari tanggal  13 – 17 Februai dan diselengarakan di BPSDM ESDM Jakarta.  Peserta pelatihan contract drafting diikuti oleh 25 orang dan pelatihan effective writing skills diikuti oleh 15 orang peserta.

Dalam sambutan pembukaan diklat, Kepala PPSDMA Aparatur Bambang Utoro menyatakan perlu pemahaman yang baik dalam menyusun naskah hukum. Pemahaman yang baik mengenai Penyusunan Naskah Hukum sangat penting bagi para praktisi hukum di berbagai bidang terutama di instansi Pemerintah,” ucapnya.

Ia juga menyatakan penyusunan naskah hukum harus mengikuti kaidah perundang-undangan.”Penyusunan Naskah hukum ini harus memperhatikan teori, asas, dan kaidah yang diatur oleh peraturan perundang – undangan serta norma, standard dan praktik hukum secara universal,” ungkapnya.

Sementara itu untuk para peserta pelatihan menulis secara efektif, Kapus menyatakan penulis harus bisa menyampaikan ide dan pendapatnya secara jelas kepada pembaca. “ Menulis harus dapat memberikan informasi tentang sesuatu, baik berupa fakta, peristiwa, pendapat, pandangan dan data kepada pembaca dengan jelas,”jelasnya.

Kepala Pusat juga berharap seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti kedua pelatihan tersebut dengan sebaik-baiknya.

PPSDMA terus mengadakan pelatihan dalam rangka untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi para pegawai KESDM.