KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDM Aparatur Persiapkan Bekal untuk Para Calon Pensiunan KESDM

  • Senin, 22 Maret 2021
top news image

(22/03) Guna terus meningkatkan kompetensi para aparatur KESDM,  PPSDM Aparatur kembali membuka dua bimtek sekaligus hari ini Senin (22/03). Kedua bimtek itu adalah Bimtek Awareness Retirement Training dan Bimtek Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran. Bimtek Awareness Retirement Training (bimtek khusus bagi pegawai yang akan memasuki masa pensiun) berlangsung dari tanggal 22 Maret – November 2021 dengan melalui 4 tahapan sedangkan bimtek fungsional PTP mulai dari 22 – 24 Maret 2021.

Bimtek yang diselenggarakan untuk memberikan kesiapan teknis dan mental bagi calon pensiunan mencakup aspek psikologis, keuangan, kesehatan dan bisnis. Bimtek ini terdiri dari 4 tahapan pembelajaran: Discovery/ Assessment, Online Workshop, Industry Visits dan Program Mentorships dan diikuti 30 orang peserta dari lingkungan KESDM. Kegiatan ini bekerja sama dengan penyedia jasa latihan swasta.

Materi yang diajarkan saat Online Workshop (22 – 26 Maret) mencakup: Mental dan Mindset Switching, Aspek Psikologi Memasuki Pensiun, Perencanaan Keuangan, Pola Hidup Sehat Saat Pensiun, Dasar-Dasar Kewirausahaan, Entrepreneurship Mindset, Online Business, Digital Marketing, Pilihan Aktivitas Lain Usai Pensiun dan Pengenalan dan Pengelolaan Usaha.

Sementara itu Bimtek Pengembang Teknologi Pembelajaran yang diikuti 9 orang bertujuan untuk memberikan pengetahuan dasar tentang JFT Pengembang Teknologi Pembelajaran bagi para pejabat struktural hasil peralihan jabatan. Pelatihan ini difasilitasi oleh para pengajar dari Pusat Data dan Informasi Kemdikbud RI.

Pelatihan-pelatihan/bimtek secara daring (online) di lingkungan PPSDMA menggunakan 2 aplikasi : SMILE (Smart Way in Learning) untuk mengakses modul pembelajaran dan aplikasi video conference (zoom) untuk pertemuan tatap muka. SMILE adalah aplikasi pembelajaran yang menggunakan metode blended learning system dan dapat diakses di mana saja, kapan saja dan dengan piranti apa saja.