KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDM Aparatur Gelar Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik

  • Senin, 16 Januari 2023
top news image

Pelayanan publik tidak bisa dikerjakan dengan asal-asalan, melainkan harus dikerjakan dengan penggunaan fungsi manajemen. Oleh karenanya perlu menggunakan manajemen yang baik. Menyadari hal tersebut, PPSDM Aparatur mengadakan Pelatihan Manajemen Pelayanan Publik Angkatan I. Pelatihan secara blended learning yang diikuti oleh 26 (dua puluh enam) pegawai dari lingkungan Kementerian ESDM. Pelatihan ini dilaksanakan selama 5 (lima) hari kerja mulai tanggal 16 s.d. 20 Januari 2023 dan difasilitasi oleh para pengajar dari MenPAN-RB, Biro Ortala Kementerian ESDM dan WI PPSDM Aparatur.

Dalam sambutan pembukaannya, Kepala PPSDMA Bambang Utoro menyatakan manajemen pelayanan publik merupakan proses dan seni. ”Manajemen pelayanan merupakan proses penerapan ilmu dan seni untuk menyusun rencana, mengimplementasikan rencana, mengoordinasikan dan menyelesaikan aktivitas-aktivitas pelayanan demi tercapainya tujuan pelayanan,” ujarnya.

Ia juga menambahkan pelayanan publik adalah pelayanan yang terlihat dan dirasakan secara langsung oleh masyarakat.

Pelatihan ini bertujuan agar para peserta dapat memberikan pelayanan publik yang terencana dengan baik. Pelatihan ini direncanakan akan digelar dalam beberapa angkatan karena mengingat pentingnya pelatihan ini untuk para ASN KESDM.