KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDM Aparatur dan Biro Umum KESDM Adakan Pembekalan Bagi Para Calon Liaison Officer KESDM

  • Senin, 13 Juni 2022
top news image

PPSDM Aparatur bekerja sama dengan Biro Umum KESDM menyelenggarakan kegiatan Pembekalan LO (Liaison Officer) di lingkungan KESDM di Wisma PPSDMA dari tanggal 8 – 9 Juni secara tatap muka. Kegiatan dibuka oleh Kepala PPSDM Aparatur dan dihadiri oleh Kepala Biro Umum, Upi Jamil, Kasubdit Tamu Negara Asing Kemlu, Chandra Gandasubrata dan Koordinator dari Biro Klik

Kegiatan 2 hari ini merupakan pemberian pembekalan bagi calon Liaison Officer di lingkungan KESDM agar dapat bertugas di kegiatan ETWG 2 di Labuan Bajo dan ETWG 3 di Bali. Puluhan peserta calon LO yang sebagian besar masih awam tentang tugas LO mendapatkan wawasan dan pengetahuan dari narasumber agar dapat menjadi LO yang baik dan efektif.

Chandra Gandasubrata sebagai narasumber dalam acara pembekalan menyatakan seorang LO harus tenang dan dapat bekerjasama dengan berbagai pihak agar tugasnya berjalan dengan baik dan efektif. ‘’Seorang LO agar dapat bertugas dengan baik dan efetif harus bersikap tenang dan juga dapat bekerja sama dengan Koordinator LO dan Sekretariat dalam pelaksanaan tugasnya,” ujarnya.

Ia juga menambahkan seorang pendamping delegasi  juga harus mengenali karakter dan budaya para delegasi tiap negara yang berbeda-beda. “Seorang LO juga harus mengetahui dengan baik karakter dan juga budaya para delegasi tiap negara, apalagi dengan adanya perang Ukraina Rusia saat ini,” imbuhnya.

Ia juga menegaskan pentingnya tugas seorang LO untuk mengingat-ingat jadwal kegiatan delegasi dan selalu mengingatkan setiap agenda kegiatan. “Selain itu seorang LO harus hafal jadwal kegiatan para anggota delegasi dan selalu mengingatkan setiap agenda kegiatan kepada para anggota delegaso,” ujar pria kelahiran Semarang ini.

Sementara itu Kepala PPSDMA, Susetyo Edi Prabowo, menyatakan para LO yang profesional dapat memberikan citra positif negara di mata dunia internasional dan dapat memperluas jaringan dengan negara-negara lain. 

Upik Jamil pun menyatakan agar para peserta LO dapat bekerja secara serius dan fokus untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para delegasi. “Kami berharap para calon LO nantinya dapat bekerja secara serius dan fokus sehingga dapat memberikan pelayanan yang terbaik kepada para anggota delegasi di Labuan Bajo dan juga Bali,” imbuhnya.