KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PPSDM Aparatur Adakan Assessment Para Pegawai PPBMN KESDM

  • Selasa, 27 Februari 2024

PPSDM Aparatur  menggelar pelaksanaan assessment untuk para pegawai non ASN di lingkungan PPBMN KESDM. Kegiatan secara luring oleh 14 orang tersebut dilaksanakan selama dua hari 26 – 27 Februari dan dilaksanakan di Wisma PPSDMA. Tujuan kegiatan adalah untuk mengukur kompetensi dan potensi pegawai dan penempatan para pegawai di lingkungan PPBMN. Metode penilaian menggunakan psikotes, LGD dan wawancara.

Kabag Umum Wien Evayanti yang membuka kegiatan menyatakan assesment bukanlah sebuah test untuk mencari yang terbaik dan terburuk di antara para pegawai. “Saya ingin menekankan bahwa assessment ini bukanlah sebuah tes untuk menentukan siapa yang terbaik dan siapa yang terburuk. Melainkan, assessment ini adalah sebuah proses untuk membantu setiap pegawai dalam memahami diri mereka sendiri, serta mendapatkan masukan dan saran yang konstruktif untuk pengembangan diri anda di masa depan sehingga dapat meningkatkan kualitas dan kinerja pegawai,” tandasnya.

Ia pun menambahkaan kegiatan assesment adalah untuk mengukur kompetensi dan menempatkan pegawai sesuai dengan kompetensi dan potensinya. “Assessment ini bertujuan untuk mengukur kompetensi dan potensi pegawai, memetakan kebutuhan pelatihan serta pengembangan pegawai dan menempatkan pegawai pada posisi yang tepat sesuai dengan kompetensinya,” ujarnya.

Wanita periang ini menekankan pentingnya semangat dan profesionalitas dalam mengikuti penilaian oleh para asesor. “Saya harapkan para bapak ibu bisa mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat, berintegritas dan profesional, sehingga nanti menghasilkan assessment yang akurat dan objektif.

PPSDM Aparatur selain mengembangkan kompetensi dan kapasitas pegawai juga akan melakukan asssesment bagi para pegawai di lingkungan KESDM.