KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PENYERAHAN LAMPU TENAGA SURYA GRATIS UNTUK KABUPATEN SUMBA TENGAH

  • Jumat, 01 Februari 2019
top news image

PENYERAHAN LAMPU TENAGA SURYA GRATIS UNTUK KABUPATEN SUMBA TENGAH

Kegelapan yang dirasakan oleh masyarakat Desa Umbu Kowolu Kecamatan Umbu Ratu Nggay Bara, Kabupaten Sumba Tengah, sudah dirasakan berpuluhan tahun yang lalu oleh masyarakat malahan sejak nenek moyang mereka ada, hal ini disampaikan Kepala Desa Umbu Kowolu, Stefanus P. Hanana pada 
Acara penyerahan Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE) untuk masyarakat Desa Umbu Kowolu, pada tanggal 1 Februari 2019.
Penyerahan lampu surya gratis dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral disampaikan langsung oleh Deputi Keuangan SKK Migas, Parulian Sihotang, dan Kapus PPSDM Aparatur Kementerian ESDM, A. Susetyo Edi Prabowo mewakili Kementerian ESDM, acara dengan disaksikan oleh Wakil Bupati Sumba Tengah, Daniel Landa, Anggota DPRD Provinsi NTT, Cristine, Camat Umbu Ratu Nggay Bara, Umbu Botu, serta tokoh, aparat desa dan Masyarakat warga Desa Umbu Kowolu.
Pada kesempatan tersebut rombongan meninjau dan melihat langsung lampu tenaga surya yg sudah dipasang di rumah-rumah Desa Umbu Kowolu, dengan jumlah Rumah yang ada sebanyak 194 rumah dan sudah terpasang sebanyak 48 Rumah. 
Lampu Tenaga Surya Hemat Energi tersebut merupakan program bantuan Kementerian ESDM, diberi secara gratis untuk daerah yang belum dialiri listrik dan masih gelap gulita, terutama daerah perbatasan, daerah tertinggal dan pulau-pulau terluar.
Kondisi Geografis dan letak rumah penduduk yg terpisah antara satu dg yg lainnya, yang berada di perbukitan, sulit dialiri listrik dari PLN karena jarak antara satu rumah dengan rumah yang lainnya sekitar 500m dan malahan sampai 1-2km jauh dari keramaian (ditengah hutan). Melihat kondisi tersebut bantuan Lampu surya yang diberikan Kementerian ESDM dirasa tepat sasaran.
Lampu Tenaga surya yg diberikan ESDM secara gratis tersebut sangat membantu penerangan untuk aktifitas malam hari seperti belajar anak-anak, kegiatan kerohanian, kegiatan pengrajin anyaman di malam hari, dan kegiatan kumpul warga pada malam hari serta mereka gunakan juga untuk menyala mesin pompa untuk mengangkut air dari lembah/mata air/sungai ke rumah dan utk keperluan petani menyiram kebun sayuran petani.
Sebagaimana kita ketahui bahwa lampu tenaga surya ini dibagikan secara gratis untuk rumah belum berlistrik, oleh Kementerian ESDM pada tahun 2017 sudah terealisasi 79.556 rumah di 5 provinsi, target tahun 2018 sebesar 175.782 rumah di 16 provinsi, tercatat realisasi tahun 2018 sebanyak 172.996 rumah di 16 provinsi. Diperkirakan sasaran sampai akhir tahun 2019 tercapai target lebih dari 350.000 rumah.
Pada kesempatan ramah tamah dengan masyarakat setempat disampaikan bahwa pemberian lampu hemat energi secara gratis bagi masyarakat yang belum terlistriki sangat dirasakan manfaatnya hal ini terlihat antusiasnya masyarakat yang menerima dengan gembira dan suka ria (OSM)
#LampuTenagaSurya