KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PEMBUKAAN PELATIHAN BUSINESS STRATEGY MANAGEMENT ANGKATAN II DAN PELATIHAN EXCELLENT SERVICE ANGKATAN VIII

  • Selasa, 01 Agustus 2023
top news image

Pada tanggal 1 Agustus 2023 telah dilaksanakan pembukaan yang menandakan dimulainya pelatihan Business Strategy Management angkatan II dan pelatihan Excellent Service angkatan VIII. Sambutan dalam pembukaan pelatihan disampaikan oleh Subkoordinator Penyelenggaraan Diklat, Andri Suryana, mewakili Kepala PPSDM Aparatur.

Dalam sambutannya disampaikan bahwa diharapkan setiap ASN di lingkungan KESDM memiliki semboyan dan semangat yang sama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Harapan ini juga didukung dengan diresmikannya employer branding ASN “Bangga melayani bangsa”. Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu tugas kita sebagai ASN yaitu memberikan pelayanan dalam pengelolaan bisnis sektor ESDM.

Pelatihan Business Strategy Management angkatan II dan pelatihan Excellent Service angkatan VIII dilaksanakan selama 4 (empat) hari kerja di mulai pada tanggal 1 Agustus sampai dengan 4 Agustus 2023, dengan metode pelaksanaan distance learning mengunakan media pelatihan Aplikasi e-Learning SMILE dan Zoom Meeting PPSDM Aparatur.

Setiap kegiatan bisnis mengandung risiko, baik risiko positif maupun negatif yang membutuhkan perhitungan dan analisis akurat dan komprehensif. Pelatihan Business Strategy Management dirancang dengan perspektif strategis dan feasible agar dapat diimplementasikan ke dalam operasional bisnis secara efisien dan efektif.  Sebagai pondasi dalam menjalankan bisnis, business strategy idealnya mencakup panduan bagi manajemen dalam mengambil berbagai keputusan, mulai perekrutan pegawai baru hingga pengembangan produk atau jasa.

Pelatihan Excellent Service bertujuan agar ASN KESDM mampu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam mewujudkan budaya pelayanan untuk peningkatan kualitas birokrasi pemerintahan. Peningkatan kualitas pelayanan publik di unit-unit kerja Kementerian ESDM perlu ditingkatkan agar perilaku pemberi pelayanan dalam berinteraksi dengan penerima layanan dilakukan sesuai standar sehingga dapat menciptakan kepuasan penerima pelayanan publik di organisasi/unit kerja.

Menciptakan sumber daya yang profesional merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan dan menciptakan service excellent di organisasi/unit kerja. Sumber daya yang handal dapat dicapai dengan menciptakan karyawan yang responsif, membuat karyawan terampil dan dapat menghargai pelanggan sehingga pelanggan puas mendapat layanan di organisasi /unit kerja di lingkungan Kementerian ESDM.