Pada tanggal 1 Agustus 2023
telah dilaksanakan pembukaan yang menandakan dimulainya pelatihan Business
Strategy Management angkatan II dan pelatihan Excellent Service
angkatan VIII. Sambutan dalam pembukaan pelatihan disampaikan oleh Subkoordinator
Penyelenggaraan Diklat, Andri Suryana, mewakili Kepala PPSDM Aparatur.
Dalam sambutannya disampaikan
bahwa diharapkan setiap ASN di lingkungan KESDM memiliki semboyan dan semangat
yang sama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Harapan ini juga
didukung dengan diresmikannya employer branding ASN “Bangga melayani
bangsa”. Sehubungan dengan hal tersebut, salah satu tugas kita sebagai ASN
yaitu memberikan pelayanan dalam pengelolaan bisnis sektor ESDM.
Pelatihan Business Strategy
Management angkatan II dan pelatihan Excellent Service angkatan VIII
dilaksanakan selama 4 (empat) hari kerja di mulai pada tanggal 1
Agustus sampai dengan 4 Agustus 2023, dengan metode pelaksanaan distance
learning mengunakan media pelatihan Aplikasi e-Learning SMILE dan
Zoom Meeting PPSDM Aparatur.
Setiap kegiatan bisnis
mengandung risiko, baik risiko positif maupun negatif yang membutuhkan
perhitungan dan analisis akurat dan komprehensif. Pelatihan Business
Strategy Management dirancang dengan perspektif strategis dan feasible
agar dapat diimplementasikan ke dalam operasional bisnis secara efisien dan
efektif. Sebagai pondasi dalam
menjalankan bisnis, business strategy idealnya mencakup panduan bagi
manajemen dalam mengambil berbagai keputusan, mulai perekrutan pegawai baru
hingga pengembangan produk atau jasa.
Pelatihan Excellent Service
bertujuan agar ASN KESDM mampu untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan dalam
mewujudkan budaya pelayanan untuk peningkatan kualitas birokrasi pemerintahan.
Peningkatan kualitas pelayanan publik di unit-unit kerja Kementerian ESDM perlu
ditingkatkan agar perilaku pemberi pelayanan dalam berinteraksi dengan penerima
layanan dilakukan sesuai standar sehingga dapat menciptakan kepuasan penerima
pelayanan publik di organisasi/unit kerja.
Menciptakan
sumber daya yang profesional merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan
dan menciptakan service excellent di organisasi/unit kerja. Sumber
daya yang handal dapat dicapai dengan menciptakan karyawan yang responsif,
membuat karyawan terampil dan dapat menghargai pelanggan sehingga pelanggan
puas mendapat layanan di organisasi /unit kerja di lingkungan Kementerian ESDM.