KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Pelepasan Magang Industri Kementerian ESDM Tahun 2023

  • Kamis, 31 Agustus 2023
top news image


Jakarta 31/08, Kepala Badan Sumber Daya Manusia ESDM (Prahoro Yulijanto Nurtjahyo) membuka Kegiatan Program Magang Industri BPSDM ESDM cq. PPSDM Aparatur Tahun 2023 di Kantor BPSDM ESDM Jalan Gatot Subroto Kav.49 Jakarta Selatan. Dengan dihadiri oleh Wakil Direktur MIND ID (Dany Amrul Ichdan), Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian ESDM, para Peserta Magang Industri Lingkungan Kementerian ESDM dan Undangan.

 

Selain sebagai tindak lanjut dari Human Capital Summit 2023. Program magang merupakan salah satu bentuk pengembangan kompetensi non klasikal yang bertujuan untuk meningkatkan kompetensi teknis melalui praktek kerja secara langsung, sehingga dapat memperoleh dan menguasai keterampilan bekerja dari tempat magang yang memiliki tugas dan fungsi relevan dengan bidang tugas pegawai magang. Hal ini telah tertuang pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2020 tentang Manajemen PNS;

 

Pelaksanaan kegiatan magang akan dilaksanakan selama 3 bulan dengan jumlah peserta sebanyak 14 orang PNS KESDM, yang terdiri 1 orang berasal dari Sekretariat Jenderal, 5 orang berasal dari Ditjen Minerba, 5 orang berasal dari Badan Geologi, dan 3 orang berasal dari BPSDM ESDM; kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ilmu, keahlian dan potensi diri; menambah pengalaman praktek dan membangun networking.

 

Lokus magang akan dilaksanakan pada 

  1. PT Mineral Industri Indonesia sebanyak 2 orang
  2. PT. Aneka Tambang Tbk. sebanyak 3 orang
  3. PT. Freeport Indonesia sebanyak 3 orang
  4. PT. Inalum sebanyak 2 orang
  5. PT. Bukti Asam sebanyak 2 orang
  6. PT. Timah sebanyak 2 orang