KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



PELATIHAN CREATIVITY TECHNIQUE TOOLS FOR PROBLEM SOLVING ANGKATAN III

  • Senin, 07 Agustus 2023
top news image

Senin, 7 Agustus 2023, Bambang Utoro selaku Kepala PPSDM Aparatur secara resmi telah membuka Pelatihan Creativity Technique Tools for Problem Solving Angkatan III. Pelatihan dilaksanakan selama 5 (lima) hari dimulai pada tanggal 07 s.d 11 Agustus 2023 dengan pengajar berasal dari Widyaiswara PPSDM Aparatur. Pelatihan dilaksanakan secara daring menggunakan Aplikasi Zoom Meeting, dan Smile PPSDM Aparatur.

 

Dalam sambutannya Bambang Utoro menyampaikan bahwa kreativitas adalah suatu kemampuan individu untuk menghasilkan ide-ide atau gagasan-gagasan yang “baru” untuk memecahkan masalah secara fasih, dan fleksibel. Memecahkan masalah berarti menemukan suatu cara, mencari jalan ke luar dari kesulitan, menemukan cara mengatasi rintangan, untuk mencapai tujuan yang diinginkan, dengan alat yang sesuai.

Pemecahan masalah adalah proses yang dilakukan dalam mengkombinasikan komponen-komponen pengetahuan, aturan-aturan, teknik-teknik, keterampilan-keterampilan dan konsep-konsep untuk menghasilkan pemecahan situasi baru.

 

Dalam Pelatihan Creativity Technique Tools for Problem Solving Angkatan III, Widyaiswara PPSDM Aparatur mengajarkan sejumlah materi yang menarik adalah:

1.    Konsep kreativitas dan customer centris

2.    Tools Scamper

3.    Tools Atribute listing

4.    Tools COCD

5.    Tools Weigthed selection

6.    Tools Crazy 8

7.    Tools Brainstroming

8.    Tools Six Thinking Hat

9.    Tools Prototyping

 

Setelah mengikuti diklat ini sebanyak 24 (dua puluh empat) orang peserta yang merupakan Aparatur Sipil Negara Kementerian ESDM, diharapkan mampu memahami dan praktek atas alat-alat kreativitas untuk mendukung pemecahan masalah secara individu maupun kelompok atau tim. Adapun sasarannya adalah terciptanya ASN yang dapat menerapkan alat-alat kreativitas dalam mendukung pemecahan masalah secara individu maupun kelompok atau tim.