KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR

Mencetak Influencer Penggerak Perubahan KESDM



Mencetak Influencer Penggerak Perubahan KESDM

  • Jumat, 17 September 2021
top news image

Menjadi agen perubahan memang tidak mudah. Diperlukan usaha yang keras, dan keinginan yang kuat. Karena seorang agent of change adalah roda penggerak perubahan.


Di luar dua hal itu, seorang agen perubahan juga harus memahami, gambaran besar perubahan yang terjadi di lingkungannya. Dan, dalam rangka memberikan gambara tersebut, PPSDM Aparatur berupaya melakukan pembekalan kepada Agen Perubahan Kementerian ESDM, yang memiliki peran sebagai roda penggerak perubahan, role model atau pemandu proses berjalannya perubahan yang terjadi dalam suatu organisasi agar tercapai tujuan yang diharapkan.


Salah satu caranya melalui Bimtek “Agen Perubahan Kementerian ESDM” yang digelar tanggal 14-16 September 2021 silam. Menghadirkan Ary Ginanjar dan  Tiko Setiatmoko  dari ESQ ACT Consulting sebagai pembicara, diharapkan para Agen Perubahan dapat memahami perubahan yang akan ditawarkan, juga memahami motivasi, tujuan rencana perubahan yang akan dilakukan, serta mampu menjadi influencer dalam menjalankan perubahan tersebut. 


Kepala Biro Ortala, Endang Sutisna, dalam sambutannya di acara ini mengatakan, memikul tanggung jawab sebagai agen perubahan bukanlah tugas yang ringan. 


“Untuk dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, maka Agen perubahan harus memiliki mindset serta kemampuan membangun komunikasi dan hubungan interpersonal yang baik, di samping kreativitas untuk menjadi influencer bagi yang lain. Agen perubahan harus memahami perubahan yang ditawarkan ke pegawai lainnya juga memahami motivasi, tujuan dan rencana perubahan yang akan dilakukan oleh Kementerian ESDM,” lanjut Endang.


Beliau pun memotivasi 183 peserta yang merupakan Agen Perubahan di Kementerian ESDM untuk menjadi role model dan influencer dalam proses menjalankan perubahan. Tentunya setelah mengikuti dan memaksimalkan pemahaman terhadap materi yang diberikan dalam bimtek kali ini.