KEMENTERIAN ESDM REPUBLIK INDONESIA
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA ESDM
PUSAT PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA APARATUR



Kualitas dan Kompetensi Pejabat Tinggi Pratama Lewat LDP

  • Selasa, 15 Maret 2022
top news image

Upaya peningkatan produktivitas dan kinerja ASN di lingkungan KESDM terus dijalankan. Salah satu caranya adalah melalui berbagai bimtek dan pelatihan. Dan ini ditujukan untuk semua kalangan. Mulai dari staff, hingga ke tingkat pejabat tinggi.

Sabtu-Minggu (12-13 Maret 2022), bertempat di Hotel The Gaia, Bandung, digelar Leadership Development Program (LDP). Kegiatan ini digelar secara luring/ tatap muka dan diikuti oleh 15 orang pejabat tinggi pratama (eselon 2).

Program Pengembangan Kepemimpinan (LDP) ini merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan kompetensi yang diadakan oleh PPSDM Aparatur. Program yang digelar bersama DDI ini dirancang khusus untuk para pejabat tinggi pratama, dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi manajerial. 


Prahoro Yulianto Nurtjahyo, Kepala BPSDM ESDM, dalam sambutannya secara daring menyatakan bahwa persiapan suksesi merupakan hal yang sangat penting.”Akan banyak pejabat tinggi di KESDM yang akan segera memasuki masa purna bakti, oleh karena itu penyiapan suksesi yang terencana dengan baik adalah sangat penting agar suksesi berjalan dengan mulus,” ujarnya

Pria asli Surabaya dalam akhir sambutannya berharap para peserta mendapatkan manfaat yang maksimal dari penyelengaraan LDP ini, seraya menginformasikan bahwa dalam waktu dekat BPSDM ESDM akan mengadakan sosialisasi terkait NZE dan transisi energi kepada seluruh pegawai KESDM. 


“Kita BPSDM ESDM akan mengadakan sosialisasi terkait net zero emission (NZE) dan transisi energi untuk seluruh pegawai di KESDM sebanyak 5.667 orang, karena banyak sekali pegawai banyak yang belum mengetahui kedua konsep tersebut dengan baik,” ungkap pria kelahiran Surabaya ini, penuh semangat.

Digelar selama dua hari, program LDP ini didesain cukup padat dengan berbagai materi yang disiapkan untuk meningkatkan kemampuan manajemen peserta. Mulai dari coaching, interaction essentials, case study, SMART performance goals, data, reviewing results skill, hingga resources for managing performance. Sebagai program yang penting dan strategis, LDP direncanakan akan digelar dalam tiga angkatan sepanjang tahun 2022.

Melalui LDP ini pula, kembali ditanamkan dan ditumbuhkan kesadaran akan Core Values ASN BerAKHLAK serta Employer Branding ASN Bangga Melayani Bangsa. Sesuai dengan araham Menteri ESDM dan juga tindak lanjut kegiatan LDP pejabat Pimpinan Tinggi Madya yang sudah digelar sebelumnya.

Saat menutup kegiatan pelatihan, Kepala PPSDM Aparatur, Susetyo Edi Prabowo, selaku operator pelatihan  menyatakan,”pelatihan ini termasuk Pelatihan Manajerial dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kompetensi manajerial dan sikap/perilaku para bapak ibu sebagai pejabat tinggi pratama.”

Susetyo berharap, setelah mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta dapat me-refresh dan meningkatkan kapasitas serta kapabilitasnya, lalu dapat mengapllikasikan ilmu, pengetahuan, dan skill yang diperoleh untuk memajukan produktivitas serta memperlancar tugas di unit masing-masing. Memberikan kontribusi bagi sektor energi dan sumber daya mineral khususnya, dan kepada Indonesia. (Rafly Fazriansyah/Mahasiswa)